Sabtu, 20/04/2024 21:59 WIB

Ini 5 Pertandingan yang Membuat Valverde Layak Dipecat

Barcelona harus gigit jari di Eropa. Pasca mengalahkan Roma 4-1 di San Siro, Roma berhasil bangkit di Camp Nou dengan skor akhir 3-0.

Ernesto Valverde

Madrid, Jurnas.com - Pemecatan Ernesto Valverde dari kursi pelatih Barcelona mengejutkan berbagai pihak. Bagaimana tidak, saat ini mantan pelatih Athletic Bilbao itu berhasil membawa El Blaugrana ke puncak klasemen La Liga.

Namun, di tengah kesuksesannya bersama Barca, Valverde juga punya catatan buruk. Dikutip dari Fox Sports Asia, lima pertandingan ini, disinyalir sebagai penyebab akhir masa jabatannya di Camp Nou. Apa saja?

1. AS Roma 3-0 Barcelona (Leg kedua perempat final Liga Champions-10 April 2018)

Setelah keok oleh Real Madrid di Piala Super Spanyol di awal masa kepemimpinannya, Valverde berhasil membuat Barcelona melakoni 36 pertandingan tak terkalahkan di La Liga musim 2017-2018.

Namun, dua setengah minggu sebelum kemenangan gelar itu disegel, Barcelona harus gigit jari di Eropa. Pasca mengalahkan Roma 4-1 di San Siro, Roma berhasil bangkit di Camp Nou dengan skor akhir 3-0.

2. Liverpool 4-0 Barcelona (Leg kedua semifinal Liga Champions-7 Mei 2019)

Petaka yang sama kembali dihadapi oleh Valverde saat timnya gagal lolos ke final Liga Champions musim 2018-2019. Usai unggul 3-0 pada leg pertama melawan Liverpool, Barca lagi-lagi angkat koper di putaran kedua.

The Reds yang kala itu tanpa Mohamed Salah dan Roberto Firmino, berhasil mencetak 4-0 tanpa balas lewat kaki Divock Origi dan Georginio Wijnaldum.

Pers Spanyol menggambarkan kekalahan Barca sebagai "bencana", "tragedi" dan "kegagalan bersejarah".

3. Barcelona 1-2 Valencia (Final Copa del Rey-25 Mei 2019)

Gelar La Liga kedua tidak otomatis membuat Valverde di atas angin. Dalam pertandingan final Copa del Rey melawan Valencia pada 25 Mei 2019 lalu, El Blaugrana keok.

Valverde yang berharap kemenangan akan meringankan rasa sakit atas kekalahan melawan Liverpool dua minggu sebelumnya, tak bisa berkata apa-apa ketika Kevin Gameiro dan Rodrigo membuat Valencia unggul 2-0, sebelum Lionel Messi membalas satu gol.

4. Espanyol 2-2 Barcelona (La Liga-4 Januari 2020)

Barcelona berpeluang menjadi pemuncak klasemen dengan selisih dua poin, jika saja menang melawan tim sekota, Espanyol. Padahal rival abadinya, Real Madrid, sempat tersandung yang membuat El Real gagal mendulang poin pada awal tahun ini.

Espanyol berada di urutan paling bawah klasemen La Liga, dan tidak pernah mengalahkan Barca sejak 2009. Tapi Frenkie de Jong yang diusir keluar lapangan, membuat skor tetap imbang 2-2.

5. Barcelona 2-3 Atletico Madrid (Semifinal Piala Super Spanyol-9 Januari 2020)

Yang terbaru, Barcelona gagal mengklaim tropi pertamanya musim ini, usai kalah tipis 2-3 dari Atletico Madrid di semifinal Piala Super Spanyol.

Sempat memimpin 2-1 pada laga yang berlangsung di Arab Saudi, berhasil dibalik oleh Atletico dengan sembilan menit waktu tersisa. Adalah Alvaro Morata dan Angel Correa mengirim Atletico ke final, untuk melawan Real Madrid yang berhasil menuntaskan Valencia.

KEYWORD :

Ernesto Valverde Barcelona




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :