Kamis, 18/04/2024 17:29 WIB

Konflik AS-Iran Beri Pengaruh ke Indonesia, Tapi Hanya Ini

Gubernur BI Perry Warjiyo menyebutkan risiko geopolitik, yang telah meningkatkan intervensi militer dari kedua negara itu, tidak menimbulkan tekanan yang signifikan terhadap kondisi makroekonomi Indonesia.

Bank Indonesia

Jakarta, Jurnas.com - Ketegangan yang terjadi di Timur Tengah, antara Amerika Serikat dengan Iran memang beri sentimen untuk perekonomian Indonesia, namun hanya dalam jangka pendek.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyebutkan risiko geopolitik, yang telah meningkatkan intervensi militer dari kedua negara itu, tidak menimbulkan tekanan yang signifikan terhadap kondisi makroekonomi Indonesia.

Pergerakkan nilai tukar rupiah masih berjalan sesuai mekanisme pasar. Di spot pada Jumat (10/1/2020) pagi, rupiah menguat 0,3 persen menjadi Rp 13.813 per dolar AS dari Rp13.854 per dolar AS.

"Kami tidak melihat dampak secara signifikan terhadap kondisi makroekonomi, stabilitas eksternal dan nilai tukar rupiah," kata Perry.

Selain itu, lanjut Perry, premi risiko investasi atau credit default swap (CDS) Indonesia juga tetap terjaga rendah dengan tren yang terus menurun.

"Dalam jangka pendek tentu saja beberapa risiko politik yang berkaitan dengan konflik Iran-As atau dengan Brexit tentu saja berpengaruh jangka pendek. Tapi itu secara fundamentalnya kami pandang tidak berpengaruh secara signifikan," ujar dia.

Meski demikian, BI akan terus memantau perkembangan global. Salah satunya, yang sedang ditunggu-tunggu pelaku pasar adalah negosiasi perdagangan fase pertama antara Amerika Serikat dengan Tiongkok yang akan dibahas dalam waktu dekat ini.

Menurut Perry, kesepakatan itu akan memberikan persepsi pasar yang positif bagi perekonomian global.

"Itu memberikan persepsi positif, bahwa ekonomi dunia tahun ini tumbuh sekitar 3-3,1 persen, atau meningkat dari 2,9 persen," ujarnya.

Dengan demikian, katalis positif tersebut juga memberikan peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan ekspor, mendukung pertumbuhan ekonomi dan mendorong aliran modal asing masuk.

"Kesepakatan perdagangan antara AS dan Tiongkok akan memberikan peluang bagi kita untuk meningkatkan ekspor dan mendukung pertumbuhan ekonomi dan juga memberikan persepsi risiko yang positif bagi aliran modal asing masuk ke dalam negeri," ujar Perry.

KEYWORD :

Iran Bank Indonesia Perry Warjiyo ekonomi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :