Selasa, 16/04/2024 17:02 WIB

Gaji Bidan Daerah Terpencil Rp5,9 Juta

Bidan PTT yang ada di daerah terpencil Tapteng menerima gaji sebesar Rp5,9 juta setiap bulannya.

Pandan - Gaji untuk bidan yang bertugas di daerah-daerah terpencil di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, ternyata cukup menjanjikan yakni mencapai Rp5,9 juta per bulannya.

"Bidan PNS dan juga bidan PTT di daerah terpencil memang cukup mendapat perhatian pemerintah," kata Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Tapanuli Tengah, Norika Situmorang.

Dikatakan Norika,  bidan PTT yang ada di daerah terpencil Tapteng menerima gaji sebesar Rp5,9 juta setiap bulannya. Gaji tersebut jauh lebih besar dibanding gaji bidan PNS yang besarannya sekitar Rp3,9 juta untuk golongan III D.

"Selain gaji, kami juga berharap agar pemerintah pusat juga memperhatikan fasilitas seperti kendaraan bagi para bidan yang ada di desa-desa, agar bisa cepat melayani masyarakat," katanya.

Diakui Norika, jumlah bidan yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah sekitar 600 orang, dan yang sudah bergabung ke IBI sekitar 500 orang. Dan di dalam melaksanakan tugasnya, para bidan ini sangat jarang berhadapan dengan hukum, karena selalu mengutamakan SPO (Standar Prosedur Operasional).

Untuk itulah Ia berharap di hari IBI iyang jatuh setiap 24 Juni, agar para bidan lebih diperhatikan lagi dengan memberikan intensif tambahan seperti guru yang mendapat sertifikasi.

Hal itu karena bidan di daerah terpencil merupakan ujung tombak dalam pelayanan kesehatan, bukan hanya penanganan ibu hamil namun juga menjadi andalan pengobatan warga sakit.

Ditambah lagi medan pelayanan yang cukup berat khususnya yang ada di desa-desa. Jadi tidak salah kami berharap agar pemerintah menambah insentif seperti guru yang mendapat dana sertifikasi," katanya.

 

KEYWORD :




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :