Selasa, 23/04/2024 22:57 WIB

Hindari Kopi saat Diet, Ini Alasannya

Sebagian orang kadang enggan melewatkan satu cangkir kopi di pagi hari. Ada semacam perasaan yang kurang, bila lidah belum mengecap kopi.

Kopi (Foto: Humas Kementan)

Jakarta, Jurnas.com – Sebagian orang kadang enggan melewatkan satu cangkir kopi di pagi hari. Ada semacam perasaan yang kurang, bila lidah belum mengecap kopi.

Namun perlu diketahui, jika Anda sedang melakukan program diet, sebaiknya hindari konsumsi kopi yang berlebih. Pasalnya, satu cangkir kopi sudah mengandung 200 kalori.

Saat sarapan pun biasanya tidak cukup hanya dengan secangkir kopi. Tentu ada menu sampingan yang dinikmati, di antaranya nasi uduk, gorengan, atau jajanan pasar, dengan total 700 kalori.

Vice President Worldwide Sports Performance & Fitness Herbalife Samantha Clayton mengatakan, jika kebiasaan ini terus-menerus dilakukan, maka artinya Anda sudah mengonsumsi hampir 1.000 kalori setiap pagi. Sementara kebutuhan kalori harian hanya 1.500-1.800 kalori.

“Rata-rata ukuran kopi yg anda beli adalah 400 kalori per cangkir. Jadi kalau anda punya makanan tradisional yang mengandung 700 kalori, anda sudah memiliki hampir 1000 kalori, namun belum bergerak (olahraga-red),” kata Samantha.

Sementara olahraga alakadarnya tak cukup untuk membakar kalori. Pelatih fisik Cristiano Ronaldo ini menjelaskan, olahraga selama satu jam hanya membakar 200-250 kalori. Kata Samantha, setidaknya butuh dua jam berolahraga.

“Sulit mencapai target kalau kelebihan kalori di pagi hari,” ujarnya.

Sebagai gantinya, Samantha menyarankan supaya kebiasaan minum kopi diiringi dengan sarapan sehat. Dalam hal ini, kamu harus mengutamakan makanan dengan kandungan protein tinggi dan sayuran atau buah kaya serat, ketimbang menumpuk karbohidrat.

“Protein itu nutrisi utama. Penting untuk tubuh kita. Hidangkan ayam dan daging di piring Anda. Karena protein membuat Anda kenyang lebih lama,” sarannya.

KEYWORD :

Minum Kopi Kalori Diet




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :