Jum'at, 26/04/2024 03:34 WIB

Inggris Gelar Referendum Uni Eropa

Pilihan yang mendapat lebih dari separuh jumlah yang memberikan suara akan dinyatakan menang.

Besok, Jumat (24/6), waktu Indonesia, warga Inggris akan memberikan hak suaranya dalam referendum bersejarah yang menentukan negaranya tetap menjadi anggota Uni Eropa atau tidak.  Sebanyak 46.499.537 orang telah terdaftar untuk memberikan suaranya. Ini menjadi  sebuah rekor untuk pemungutan suara yang dilakukan di Inggris.

Referendum kali ini adalah referendum ketiga dalam sejarah Inggris. Pertanyaan yang diajukan dalam surat suara adalah,  Apakah Inggris tetap menjadi anggota Uni Eropa atau meninggalkan keanggotaan Uni Eropa.  Pilihan yang mendapat lebih dari separuh jumlah yang memberikan suara akan dinyatakan menang.

Setelah masa pemungutan suara berakhir, kotak suara yang disegel akan dikumpulkan dan dibawa ke tempat penghitungan suara yang jumlahnya mencapai 382 lokasi di seluruh Inggris. Itu mewakili 380 kawasan pemerintah daerah di Inggris, Skotlandia dan Wales, ditambah masing-masing satu untuk Irlandia Utara dan Gibraltar.

Hasil di masing-masing daerah akan diumumkan pada malam hari ini (waktu setempat), yang diiringi hasil regional dari 11 kawasan. Hasil dari referendum akan semakin jelas menjelang penghitungan akhir yang hasilnya akan dimumkan Kepala Pejabat Penghitungan Suara di Balai Kota Manchester. Komisi Pemilihan Inggris memperkirakan hasil akhir dari referendum akan diperoleh sekitar 'jam sarapan pagi,' pada Jumat (24/06). (Sundari/bbc)

KEYWORD :




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :