Kamis, 25/04/2024 12:14 WIB

Peristiwa Sejarah 20 Desember

Pada 20 Desember 1989, Amerika Serikat menyerbu Panama untuk menggulingkan Manuel Noriega dan melantik pemerintah sipil yang terpilih

Pada 20 Desember 1989, Amerika Serikat menyerbu Panama untuk menggulingkan Manuel Noriega dan melantik pemerintah sipil yang terpilih

Jurnas.com – Tanggal 20 Desember yang jatuh pada hari ke-354 (hari ke-355 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian dengan 11 hari menjelang akhir tahun menyimpan banyak peristiwa sejarah, diantaranya:

1803 - New Orleans berpindah tangan dari Prancis ke Amerika Serikat.

1803 - Amerika Serikat secara resmi mengambil alih wilayah yang diperoleh dari Perancis dalam Pembelian Louisiana.

1812 - Sacagawea, wanita India yang membantu membimbing Ekspedisi Lewis dan Clark, meninggal.

1860 - South Carolina menjadi negara bagian pertama yang memisahkan diri dari Amerika Serikat.

1917 - Felix Edmundovich Dzerzhinsky mendirikan Cheka, kelompok kepolisian rahasia Soviet yang pertama.

1949 - Kabinet dan Perdana Menteri Republik Indonesia Serikat dilantik.

1968 - Yang disebut Zodiac Killer membunuh dua korban pertamanya yang dikonfirmasi - David Faraday, 17, dan Betty Lou Jensen - di Vallejo, California. Dia akan terus membunuh setidaknya lima orang, meskipun dia mengambil kredit untuk tiga selusin kematian.

1987 - Sebuah feri penumpang yang ditabrak oleh sebuah kapal tanker minyak tenggelam di Filipina dan hampir 1.600 orang tewas dalam apa yang disebut sebagai bencana maritim masa damai terburuk abad ini.

1989 - Amerika Serikat menginvasi Panama untuk menggulingkan Manuel Noriega dan menginstal pemerintahan sipil yang terpilih.

1990 - Eduard Shevardnadze tiba-tiba mengundurkan diri sebagai menteri luar negeri Soviet, memperingatkan bahwa "kediktatoran akan datang." Uni Soviet secara resmi bubar setahun kemudian dan Shevardnadze menjadi pemimpin negara asalnya, Georgia.

1995 - 160 orang tewas ketika American Airlines 757 menabrak gunung sesaat sebelum dijadwalkan mendarat di Cali, Kolombia.

1995 - NATO memikul tugas pemeliharaan perdamaian di Bosnia-Herzegovina pada akhir Perang Bosnia.

1998 - Seorang wanita Houston, Nkem Chukwu, melahirkan tujuh bayi setelah melahirkan anak kembar delapan pertama 12 hari sebelumnya. Keenam anak perempuan dan dua anak laki-laki adalah satu-satunya kelompok kembar delapan yang diketahui dilahirkan hidup-hidup di Amerika Serikat. Bayi terkecil, seorang gadis, meninggal seminggu kemudian.

1999 - Makau resmi dikembalikan oleh Portugal kepada Tiongkok.

2001 - Presiden Argentina Fernando de la Rua mengundurkan diri di tengah protes massa.

2007 - Ratu Elizabeth II menjadi raja tertua dalam sejarah Inggris, lebih tua dari nenek moyangnya, Ratu Victoria, yang hidup 81 tahun, tujuh bulan, empat minggu dan satu hari.

2007 - Dua lukisan, termasuk satu karya Pablo Picasso bernama Portrait of Suzanne Bloch, dicuri dari Museum Seni Sao Paulo di Brasil. Lukisan-lukisan itu ditemukan pada Januari 2008.

2011 - Kepler, observatorium ruang angkasa NASA yang mengorbit, menemukan dua planet seukuran Bumi di luar tata surya, tetapi para ilmuwan mengatakan kedua orbit itu terlalu dekat dengan bintang seperti matahari untuk memiliki air di permukaan.

2014 - Dua petugas kepolisian New York terbunuh dengan gaya eksekusi saat duduk di kendaraan patroli mereka. Penembak itu memposting pesan ancaman di media sosial terhadap polisi dan mendukung Eric Garner dan Michael Brown, keduanya dibunuh oleh polisi.

2015 - Tanah longsor di sebuah taman industri di Shenzhen, Cina, menumbangkan puluhan bangunan dan menewaskan 73 orang. Bencana itu disebabkan oleh limbah konstruksi.

2017 - Kongres AS mengeluarkan UU Pajak dan Pekerjaan, perombakan besar pertama kode pajak AS dalam 30 tahun. Undang-undang tersebut memangkas pajak perusahaan secara permanen dari 35 persen menjadi 21 persen dan untuk sementara memotong braket pajak penghasilan atas dari 39,6 persen menjadi 37 persen.

2018 - Menteri Pertahanan James Mattis mengumumkan pengunduran dirinya, mengatakan kepada Presiden Donald Trump bahwa ia layak mendapatkan seorang kepala militer "yang pandangannya lebih selaras dengan pandangan Anda."

KEYWORD :

Peristiwa Sejarah Bulan Desember




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :