Sabtu, 20/04/2024 06:36 WIB

Suporter Rusia Terancam Kena Sanksi

UEFA juga telah mengonfirmasi akan menyiapkan dakwaan terhadap tingkah laku fan Rusia yang mengganggu, rasis, dan menyalakan asap suar di dalam stadion.

Federasi Sepak Bola Rusia terancam akan dikenai sanksi dari Induk Sepak Bola Eropa (UEFA), terkait kerusuhan yang melibatkan suporter ultras Rusia dengan fan Inggris di Stade Velodrome, Sabtu (11/6) malam waktu setempat.

Seperti diberitakan sejumlah media di Eropa, kericuhan dipicu oleh para suporter Ultras Rusia yang menyerang suporter Inggris di salah satu tribune stadion. Bukan hanya kericuhan, pemasangan asap suar dan petasan yang dilakukan para suporter Rusia juga membuat RFU terancam sanksi.

Komite Disiplin UEFA pun bakal segera bertindak cepat dengan melakukan investigasi terkait kemungkinan adanya pelanggaran. Seperti dilaporkan, para suporter Rusia mendobrak pembatas sektor tribune yang lemah dan merangsek ke tribune fan Inggris, usai laga yang berakhir 1-1 untuk kedua tim.

"UEFA mengutuk insiden tersebut dan akan mengambil tindakan disipliner untuk insiden yang terjadi di dalam dan sekitar stadion," demikian pernyataan resmi UEFA seperti dilansir dalam situs resmi mereka.

UEFA juga telah mengonfirmasi akan menyiapkan dakwaan terhadap tingkah laku fan Rusia yang mengganggu, rasis, dan menyalakan asap suar di dalam stadion.

Rusia sebelumnya dijatuhkan sanksi pengurangan enam poin karena insiden yang terjadi saat menghadapi Republik Ceko pada Piala Eropa 2016. Hukuman itu ditangguhkan selama kualifikasi Piala Eropa 2016 lalu.

Masa penangguhan itu pun sudah habis masa waktunya, namun UEFA bakal mengkaji ulang lagi menyusul insiden yang kembali terulang, Sabtu (12/6) di Piala Eropa 2016. (Sundari/cnn)

 

KEYWORD :




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :