Kamis, 25/04/2024 06:11 WIB

Filipina Klaim Sukses Gelar SEA Games 2019

Timnas Singapura menghadapi Indonesia di SEA Games 2019 (Foto: Liputan 6)

Manila, Jurnas.com - Filipina klaim telah sukses menggelar SEA Games terbesar sepanjang sejarah. Meski, sempat mendapat cibiran dan cemohan soal fasilitas yang diberikan kepada para atlit peserta dari negara lain.

"Filipina memiliki libur natal terpanjang di dunia. Natal tahun ini datang lebih awal. Kami warga Asia Tenggara, kami rakyat Filipina telah menunjukkan kepada dunia jika kami bisa melakukannya, dengan kualitas dunia, memecahkan banyak rekor SEA Games, dan menggelar SEA Games terbesar sepanjang sejarah," kata Ketua penyelenggara SEA Games 2019 Filipina (PHISGOC) Alan Peter Cayetano, Rabu (11/12/2019).

Filipina telah menggelar 530 ajang pertandingan dari 56 cabang olahraga yang dipertandingkan di empat klaster yang terletak di Pulau Luzon yaitu Metro Manila, Clark, Subic/Olongapo dan klaster keempat yang terdiri dari beberapa venue terpisah.

Ini merupakan kali keempat bagi Filipina menjadi tuan rumah SEA Games. Tiga edisi sebelumnya digelar pada 1981, 1991 dan 2005.

Tuan rumah kembali lagi menjadi juara umum sejak 2005, kali ini dengan perolehan 149 medali emas, 117 perak dan 121 perunggu.

Filina tak tersentuh di pucuk tabel perolehan medali meninggalkan Vietnam di peringkat dua dengan selisih 51 medali emas.

"Kami merayakan hari ini sebagai juara umum SEA Games ke-30 bersama semua atlet. Terima kasih telah datang ke Filipina dan terima kasih atas sportivitas kalian.

"Ketika kita mengincar medali emas, kami melakukannya sepenuh hati tapi tidak membiarkan kilau emas membutakan kita," kata Cayetano yang juga seorang senator itu.

Cayetano juga menyebut Roger Casugay, peselancar asal Filipina, sebagai salah satu pahlawan dan teladan. Roger menjadi sorotan ketika dirinya menyelamatkan peselancar Indonesia Arip Nuhidayat ketika sang lawan tersapu ombak di babak semifinal.

"Jelas bagi Roger jika ada yang lebih penting dari emas," kata Cayetano.

Roger pun diganjar penghargaan karena sportivitasnya tersebut di panggung upacara penutupan yang tak semegah di upacara pembukaan.

Sementara atlet renang putra Singapura Zheng Wen Quan keluar sebagai atlet terbaik SEA Games 2019 setelah mengemas medali emas terbanyak, yaitu enam emas serta dua perak.

Gelar atlet putri terbaik diraih Nguyen Thi Anh Vien dari Vietnam yang juga bersinar di renang dengan raihan enam medali emas dan dua medali perak.

Cayetano pun menyebut negaranya telah berhasil menggelar SEA Games terbesar dan yang pertama mengadopsi standar tinggi untuk membuat ajang multi event berkelas dunia, meski pernyataan itu disampaikan di kompleks stadion yang belum sepenuhnya selesai, dengan sesekali tercium tak sedap dari perternakan ayam yang terletak tak jauh dari sana.

Penyelenggaraan ajang dua tahunan itu mampu selesai tepat waktu di tengah segala kekurangan mulai dari keluhan soal akomodasi media, atlet dan kontingen.

Kemudian juga terbatasnya akses transportasi ke sejumlah venue yang tersebar ke seluruh penjuru pulau Luzon.

Filipina juga sempat dilanda Topan Kamurri awal bulan ini sehingga sejumlah pertandingan cabang olahraga ditunda karena alasan keamanan.

KEYWORD :

SEA Games 2019 Filipina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :