Kamis, 18/04/2024 17:52 WIB

Pentingnya Sosialisasi Tupoksi MKD kepada Aparat Penegak Hukum

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi.

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi menjelaskan bahwa mengenalkan lembaga MKD kepada masyarakat dan meningkatkan sinergitas antara MKD dengan aparat penegak hukum perlu dilakukan guna menciptakan kesinambungan dan kerjasama yang efektif antara aparat penegak hukum dengan MKD.

"Perlu sinergi antara MKD dengan pihak kepolisian dan kejaksaan karena semuanya beririsan dan saling terkait. Jika terjadi kasus pelanggaran terhadap anggota dewan, sebaiknya tidak langsung di-blow up sendiri, tetapi harus dilaporkan terlebih dahulu ke MKD untuk didalami lebih lanjut," jelas Andi saat memimpin tim kunjungan kerja MKD DPR RI ke Jawa Tengah, di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (23/11/2019).

Pelaporan tersebut dimaksudkan untuk memaksimalkan kinerja MKD secara efektif dan penuh tanggung jawab. Legislator dari fraksi Golkar itu berharap agar Polda dan Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah dapat terus mendukung dan bersinergi dengan MKD DPR RI.

"Kami berharap kepada aparat penegak hukum agar dapat melaporkan kepada MKD jika mengetahui ada anggota dewan yang melanggar kode etik, sehingga semuanya dapat berjalan efektif sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan bersama," tutup Andi.

KEYWORD :

Warta DPR MKD RI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :