Jum'at, 19/04/2024 19:17 WIB

Ini Dia Pikap Listrik Perdana Tesla, Mirip Apa Ya?

Dilihat dari penampakannya, truk pickup tersebut sekilas mirip kendaraan lapis baja, dengan warna abu-abu gunmetal.

Truk pikap listrik Tesla (Foto: Google)

New York, Jurnas.com - Produsen otomatif, Tesla Inc, baru saja meluncurkan truk pickup listrik perdananya pada Kamis (Jumat waktu setempat).

Dikutip dari Reuters pada Jumat (22/11), dilihat dari penampakannya, truk pickup tersebut sekilas mirip kendaraan lapis baja, dengan warna abu-abu gunmetal.

Dalam acara peluncuran di Los Angeles, Kepala Eksekutif Tesla Elon Musk mengatakan Cybertruck akan dibanderol dengan harga awal US$39.900 atau Rp556 juta, dan produksi diharapkan akan dimulai pada akhir 2021.

Versi lain akan dibanderol dengan harga US$49.900 atau Rp696 juta dan US$69.900 atau Rp975 juta dengan penawaran termahal lebih dari 500 mil.

"Kita membutuhkan energi berkelanjutan sekarang. Jika kita tidak memiliki truk pikap, kita tidak dapat menyelesaikannya. Tiga kendaraan terlaris di Amerika adalah truk pikap. Untuk mengatasi energi berkelanjutan, kita harus memiliki truk pikap," kata Musk.

Truk itu, klaim Musk, tidak akan tergores dan rusak sebab memiliki jendela yang terbuat dari kaca lapis baja. Namun peristiwa unik terjadi ketika gelas itu pecah seperti jaring laba-laba ketika dipukul dengan bola logam. Musk tampak terkejut, tetapi mencatat bahwa gelasnya belum sepenuhnya pecah.

Reaksi warganet di Twitter beragam menanggapi produk baru tersebut, mulai komentar positif hingga benci terhadap kendaraan yang bersudut tajam.

"Saya baru saja menyaksikan tesla melepaskan #cybertruck, dan jujur, Hidup saya terasa lengkap," tulis @aidan_tenud,

Sementara @nateallensnyde menulis, "Senang sekali melihat Elon Musk membuat mobil kardus yang ia gambar di taman kanak-kanak."

Musk sebelumnya mengunggah desain itu di Twiiter, sebagian dipengaruhi oleh sportscar Lotus Esprit, terinspirasi dari film James Bond 007.

Setelah Tesla, Ford dan GM juga bersiap untuk menantang produsen tersebut dengan penawaran baru seperti SUV listrik Ford Mustang Mach E, serta pickup listrik.

Pickup dan SUV listrik dapat membantu Ford dan GM menghasilkan penjualan EV yang signifikan yang mereka perlukan, untuk memenuhi standar emisi yang lebih ketat dan mandat EV di California dan negara bagian lainnya.

Ford berencana menjual F-series listrik pada akhir 2021, kata sumber yang akrab dengan rencana tersebut. Ini juga akan menawarkan Mach E tahun depan sebagai bagian dari rencananya untuk menginvestasikan US$11,5 miliar pada 2022 untuk melistriki kendaraannya.

Pada April lalu, Ford menginvestasikan US$500 juta dalam startup Rivian, yang berencana untuk membangun pickup listrik sendiri mulai musim gugur 2020.

GM berencana untuk membangun keluarga truk pickup listrik premium dan SUV, dengan pickup pertama yang mulai dijual pada musim gugur 2021. GM berencana untuk menginvestasikan US$8 miliar pada 2023, untuk mengembangkan kendaraan listrik dan self-driving.

KEYWORD :

Pikap Listrik Tesla




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :