Selasa, 23/04/2024 23:34 WIB

Liga HW 2019 Dorong Lahirnya Atlet Sepakbola Mumpuni yang Sportif dan Berintegritas

Problem sportivitas dan integritas menjadi salah satu persoalan yang perlu kita selesaikan

Najih Prasetyo, Ketua IMM

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Najih Prasetyo meyakini Liga Hizbul Wathan (HW) 2019 bisa meningkatkan daya dorong prestasi sepak bola Indonesia di masa mendatang.

Kata Najih, ikhtiar Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) melalui Liga HW 2019 diharapkan memberikan dorongan bagi semua pihak untuk bersama memikirkan dan memajukan sepak bola nasional.

"Jiwa sportivitas dan integritas menjadi salah satu persoalan yang perlu kita tanamkam dan ajarkan dalam dunia sepak bola," kata Najih dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/11/2019).

Pertandingan Liga HW Zona I (DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat) dimana HWFC Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) keluar sebagai juara Zona I, setelah pada laga terakhir menang tipis 2-1 dari Surya Lampung FC di Stadion UMJ, Ciputat, kemarin.

Namun demikian, Surya Lampung FC tetap lolos ke babak 8 besar dengan status runner-up Zona I. Keduanya akan bertanding dengan dua tim terbaik dari masing-masing zona. Yakni Zona II mencakup wilayah Jawa Tengah, Zona III mencakup DIY dan Zona IV yang meliputi wilayah Jawa Timur.

Dikatakan Najih, Liga HW 2019 selain mencari bibit-bibit baru atlet sepak bola dari Muhammadiyah juga sebagai ladang dakwah. Syiar Islam melalui kegiatan yang populer di masyarakat ini diyakini akan lebih mengena karena bersentuhan langsung dengan seluruh lapisan masyarakat tanpa kecuali.

Melalui pertandingan sepak bola Liga HW 2019, diberikan contoh bagaimana perjuangan harus dilakukan secara sportiv dengan mengedepankan keterampilan dan kekuatan seluruh pemain.

Sepak bola ini juga sekaligus menjadi perekat seluruh lapisan masyarakat, selain poin utama yaitu lahirnya atlet sepak bola yang berprestasi.

"Liga HW dan Muhammadiyah yang mempunyai sejarah panjang tentang sepak bola berharap akan lahir pemain bola kelas nasional bahkan internasional dan mampu mensyiarkan bahwa Indonesia itu sportiv dan berintegritas," kata Najih.

Laga final Zona I dihadiri langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, Sekum PP Muhammadiyah Abdul Muti dan Rektor UMJ diwakili Dekan FISIP.

Dari Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM), hadir Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Cak Nanto, Ketum PP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah M Najih, Ketum PP Ikatan Pelajar Muhammadiyah Hafizh Syafa`aturrahman.

KEYWORD :

Liga HW 2019 Hizbul Wathan Sepakbola IMM




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :