Jum'at, 19/04/2024 20:16 WIB

Bupati Bogor Tegaskan Segera Terapkan Smart City

Kabupaten Bogor mempunyai wilayah yang cukup luas dan penduduk yang padat, serta membutuhkan pelayanan yang cepat dan prima berbasis tekhnologi.
 
 

Bupati Bogor, Ade Yasin saat menghadiri Closing Ceremony di Gerakan menuju 100 Smart City di Balai Sudirman, Rabu (6/11).

Jakarta, Jurnas.com - Bupati Bogor,  Ade Yasin menegaskan akan segera terapkan Smart City di Kabupaten Bogor. Itu diungkapkan saat menghadiri Closing Ceremony di Gerakan menuju 100 Smart City di Balai Sudirman, Rabu (6/11). Hal tersebut dikarenakan, Kabupaten Bogor mempunyai wilayah yang cukup luas dan penduduk yang padat, serta membutuhkan pelayanan yang cepat dan prima berbasis tekhnologi.

Smart City merupakan sebuah konsep dimana semua struktur pemerintahan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dengan memanfaatkan aplikasi berbasis  IT. Selain itu ini merupakan sebuah konsep yang cerdas yang dapat membantu masyarakat mengelola sumber daya dengan efesien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat atau lembaga dalam melakukan kegiatannya,” ujar Bupati Ade.

Ditempat yang sama Mentri Komunikasi dan Informatika RI, Jhoni G Plate  dalam sambutannya  pada Closing Ceremony  Exhibition  Evaluation & Presidential  Lecture Gerakan menuju  100 smart City 2019 mengatakan, dengan  masuknya ke tahap akhir kini genap 100  Kota/Kabupaten yang telah mengikuti bimbingan teknis dan memiliki master plan atau  rencana Induk  untuk mengembangkan konsep Smart City di daerahnya masing-masing.

Smart City di Indonesia perlu menunjukan dan memunculkan kekhasan daerah  yang menjadi daya tarik dan menawarkan kearifan lokal  tiap daerah. Karena gerakan menuju  100 smart City  adalah  upaya optimalisasi  Infastruktur Internet  seperti palapa ring yang sedang di bangun di daerah,” paparnya.

Tambahnya, melalui kegiatan tersebut diharapkan pemerintah dan masyarakat  dapat memanfaatkan jaringan internet  secara positif dan produktif   sesuai infrastruktur,  yang dapat menggenjot  tingkat ekonomi sosial masyarakat. Pihaknya juga memberikan  dukungan yang kuat ,memberikan semua kemampuan yg dimikiki untuk semua kota/Kabupaten di tanah air menjadi  kota yang  cerdas.

“Kami berharap kepada mereka yang telah memiliki  rencana induk smart city ,100 Kota/Kabupaten terpilih  di harapkan dapat secara konsisten  menjalankan program tersebut,” katanya.

Sementara itu, Plt Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor, Kardenal mengungkapkan, pameran menampilkan inovasi teknologi smart city di masing-masing daerah yang bisa menjadi pembelajaran daerah lainnya. Untuk Kabupaten Bogor Inovasi yang dipamerkan terbagi dalam enam pilar yang merujuk kepada visi dan misi Kabupaten Bogor dalam rangka mencapai tujuan Pancakarsa. Yaitu  smart governance, smart living, smart society, Smart economy,smart environment dan smart branding.

"Pameran ini dapat mengedukasi masyarakat tentang kesuksesan inovasi smart city di daerah-daerah, ia pun berharap melalui kegiatan ini dapat memotivasi Pemkab Bogor dan seluruh masyarakat Kabupaten Bogor. Untuk dapat meningkatkan inovasi dan kreatifitas dalam menciptakan inovasi daerah yang bermanfaat. Bagi kemajuan pembangunan Kabupaten Bogor, serta mendorong terwujudnya Kabupaten Bogor sebagai smart city sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat,” imbuhnya.

KEYWORD :

Kabupaten Bogor Ade Yasin Smart City




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :