Selasa, 16/04/2024 18:53 WIB

Mendikbud Baru Tak Mau Dipanggil "Pak"

Di hari pertamanya menjabat, mantan CEO Gojek tersebut dengan nada bercanda meminta agar para pejabat dan awak media tidak memanggilnya dengan sebutan `Bapak` atau `Pak`.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Muhadjir Effendy (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Nadiem Anwar Makarim resmi menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) era 2019-2024, setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (23/10) pagi.

Di hari pertamanya menjabat, mantan CEO Gojek tersebut dengan nada bercanda meminta agar para pejabat dan awak media tidak memanggilnya dengan sebutan `Bapak` atau `Pak`.

"Mohon jangan panggil `Pak`, panggil Mas Nadiem saja," seloroh Nadiem dalam acara serah terima jabatan (sertijab) di Kantor Kemdikbud Jakarta.

Permintaan Nadiem terbilang wajar. Saat ini pengusaha kelahiran Singapura, 4 Juli 1984 itu masih berusia 35 tahun. Cukup muda bila dibandingkan para pejabat yang ada dalam struktur birokrasi Kemdikbud.

Dalam sambutannya, Nadiem juga menyampaikan bahwa dirinya tidak memiliki rencana khusus selama 100 hari ke depan. Nadiem menyebut dia terlebih dahulu ingin belajar, dalam memahami persoalan pendidikan.

"Saya tidak ada rencana 100 hari. Rencana saya 100 hari adalah untuk duduk dan mendengar. Bicara dengan pakar di depan saya, yang telah bertahun-tahun berdampak pada kualitas pendidikan," ujar Nadiem dalam sambutannya.

Kendati tidak punya latar belakang pendidikan, lanjut Nadiem, dia meminta para pejabat di Kemdikbud supaya bersabar. Dia optimistis sebagai pembelajar yang baik, dapat dengan cepat menyesuaikan dengan instansi tersebut.

"Saya mulai dari nol di pendidikan. Saya akan belajar sebanyak-banyaknya. Banyak PR yang sudah saya kerjakan. Saya mohon semua dirjen dan tim saya, mohon sabar dengan saya. Walau saya buka dari latar belakang pendidikan, tapi saya murid yan cukup baik. Saya pembelajar yang cepat," kata dia.

KEYWORD :

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim Kabinet Indonesia Maju




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :