Sabtu, 20/04/2024 04:44 WIB

Alasan Belajar Era Digital Membutuhkan Mentoring

Mentoring adalah hal yang penting, walaupun sekarang kita bisa dapatkan semuanya dari digital, tapi untuk mengoreksi kita butuh dari orang lain.

Sosiolog Dr Devie Rahmawati (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Kontribusi perempuan muda yang terberdaya akan mampu menghadirkan sebuah perubahan besar yang lebih baik, untuk dirinya, keluarga, komunitas maupun masyarakat.

Perubahan yang menjadi hasil dari kontribusi perempuan tentunya dapat mengubah masa depan menjadi lebih baik, secara ekonomi, kultural maupun tatanan sosial lainnya.

Hal ini pun telah disebutkan sebagai salah satu tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs) tentang pentingnya investasi kepada perempuan muda.

Menurut Pakar Ilmu Sosial, Budaya dan Komunikasi, Dr. Devie Rachmawati, M. Hum., CPR diperlukan sebuah pendekatan tepat guna yang menunjang pengembangan diri perempuan dan mampu memotivasi mereka menjadi agen perubahan yang dapat menginspirasi sesamanya.

Sehingga, penting dilakukan pembekalan kepada perempuan muda untuk mendorong mereka menjadi pribadi yang terberdaya, khususnya dari dalam individu mereka sendiri.

Merujuk pada risiko edukasi, pekerjaan dan pelatihan (NEET) perempuan muda Indonesia, masih perlu adanya dorongan dan imbauan pentingnya melangkah melampaui batas untuk menghadapi stigma sosial maupun risiko NEET itu sendiri.

Devi menimbang jika perempuan perlu mentor era digital yakni orang belajar dari kanal video. Baginya orang jadi sukses perlu dua vitamin C, yang pertama perlu comitment dan perlu correction, jadi peran guru itu penting untuk menyemangati, mengontrol dan koreksi.

"Makanya mentoring itu penting, walaupun sekarang katanya kita bisa dapatkan semuanya dari digital. Tapi untuk mengoreksi kita butuh dari orang lain karena orang tidak bisa mengoreksi diri sendiri makanya harus ada orang lain yang membantu itu dan meyakinkan kita kalau kita orang hebat," ucapnya.

KEYWORD :

Perempuan Muda Belajar Mentoring




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :