Jum'at, 26/04/2024 01:52 WIB

Menakjubkan!! Lukisan Ini Laku Rp172 Miliar

Lukisan 2009, Devolved Parliament , menampilkan House of Commons Inggris yang ditempati oleh puluhan simpanse.

Lukisan Bansky yang dihargai Rp172 Miliar (foto: UPI)

Jurnas.com - Sebuah lukisan cat minyak oleh seniman grafiti anonim Banksy dijual seharga $ 12,21 juta (Rp172,41 Miliar) di ajang pelelangan di London Kamis (03/10). Penjualan itu pun memecahkan rekor lukisan termahal.

Lukisan 2009, Devolved Parliament , menampilkan House of Commons Inggris yang ditempati oleh puluhan simpanse.

Awalnya Banksy menyebut lukisan setinggi 13 kaki Time Question untuk pameran di Museum Bristol. Ini mendapatkan ketenaran baru dan nama baru dimana 29 Maret ketika museum meletakkannya kembali pada layar untuk menandai hari Brexit, hari dimana Inggris seharusnya secara resmi menarik diri dari Uni Eropa.

"Saya membuat ini sepuluh tahun yang lalu. Museum Bristol baru saja dipajang kembali untuk menandai hari Brexit," kata Banksy di Instagram dikutip UPI.

Tawaran pemenang $ 12,21 juta hampir 10 kali lipat rekor sebelumnya untuk karya seni Banksy. Lukisan Gadis -Nya dengan Balon, yang dihancurkan sendiri melalui mesin penghancur yang dibangun di dalam bingkai, dijual seharga $ 1,4 juta pada Oktober 2018 .

Banksy memposting kutipan oleh kritikus seni Robert Hughes tentang nilai dan tujuan seni di Instagram-nya setelah lelang Kamis.

"Catat harga untuk lukisan Banksy yang akan dilelang malam ini," Banksy menulis tulisan di pos. "Sayang aku belum memilikinya."

KEYWORD :

Lukisan Termahal Pelukis Bansky




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :