Rabu, 17/04/2024 00:50 WIB

Ketika Fashion Angkat Isu Lingkungan

Moral merepresentasikan situasi eksploitasi alam berlebih yang berakibat pada ketidakseimbangan ekosistem - mengancam kehidupan umat manusia. 

Koleksi Moral yang concern pada isu tertentu (Foto: PIMFW)

Jakarta, Jurnas.com - Moral- label pakaian ready to wear Indonesia, dibawah arahan kreatif desainer muda Andandika Surasetja akan mempresentasikan full collection
"Moral suaka" untuk musim Spring/Summer 2020 - yang menampilkan 24 look koleksi pakaian unisex dalam ajang Plaza Indonesia Mens Fashion Week 2019.

Koleksi Moral/suaka mengedepankan eksplorasi material ramah lingkungan yakni tencel yang dipadankan dengan ragam material upcycled.

"Dalam merespon tema eco-fashion yang diusung, Moral berpegang pada prinsip evolusi dan bukan revolusi - mengedepankan komitmen serta konsistensi dalam melangsungkan praktik produksi yang etikal," ucap Andandika.

Dalam koleksi ini pula Moral kembali menghadirkan sejumlah pakaian dari koleksi archive yang telah melalui proses re-create to elevate.

"Secara narasi, koleksi Moral/suaka berkisah tentang relasi manusia dengan alam dan segala interaksi yang terjadi di antara keduanya. What goes around comes back around, serva me serva bote (pepatah latin: save me and I will save you)," ucapnya.

Merepresentasikan situasi eksploitasi alam berlebih yang berakibat pada ketidakseimbangan ekosistem - mengancam kehidupan umat manusia di masa yang akan datang, menghadirkan kecemasan, serta ketakutan.

Kali ini Moral melakukan eksperimentasi dengan mengusung muatan emosi yang cenderung kelabu, menyampaikan sebuah pernyataan bahwa fashion tidak melulu soal kebahagiaan dan suka cita.

Dalam koleksi Moral/suaka, Andandika menghadirkan rangkaian pakaian yang dapat digunakan untuk berbagai kesempatan mulai dari kasual hingga formal.

Padu padan overcoat, kemeja, parka, dan celana berpotongan lurus menjadi item kunci disamping pantsuit, serta bowling shirt yang melengkapi koleksi.

Penyematan detachable details pada bagian lengan serta punggung memberi nilai tambah untuk koleksi Moral kali ini.

KEYWORD :

Koleksi Moral Mens Fashion




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :