Sabtu, 20/04/2024 00:45 WIB

Di Balik Kreativitas Studio Animasi Walt Disney

Karya seni orisinil dari “Frozen 2” untuk pameran debut mereka di ArtScience Museum pada 26 Oktober mendatang

Putri tidur Walt Disney (Foto: Walt Disney)

Singapura, Jurnas.com - Temukan keajaiban dibalik film animasi karya Walt Disney Animation Studios di Disney: Magic of Animation yang akan hadir di ArtScience Museum pada 26 Oktober 2019 mendatang.

Menyuguhkan kesempatan langka bagi para pengunjung untuk dapat merasakan keajaiban Disney Animation selama 90 tahun, salah satu sorotan utama pada pameran ini adalah sebuah debut dari karya orisinil yang paling ditunggu-tunggu, yakni Frozen 2.

Dari Steamboat Willie (1928), kartun pertama Disney yang menggunakan soundtrack tersinkronisasi, beberapa film klasik termasuk Snow White and the Seven Dwarfs (1937) dan The Lion King (1994), hingga film blockbuster seperti Frozen (2013), Zootopia (2016) dan Moana (2016), pameran ini merupakan sebuah bentuk tanda penghormatan kepada inovasi seni dan teknologi yang telah menghidupkan karakter-karakter Disney yang mendunia.

Hadir di Asia Tenggara untuk pertama kalinya, pameran ini turut menampilkan lebih dari 500 karya yang luar biasa, termasuk gambar orisinil, lukisan, sketsa dan konsep seni yang dikurasi oleh perpustakaan riset animasi milik Disney, Walt Disney Animation Research Library.

Selain itu, selaras dengan etos ArtScience Museum dalam menampilkan pameran yang interaktif nan menawan, pameran ini juga menyertakan proyeksi, audio-visual, serta tampilan menarik lainnya yang mampu membawa pengunjung masuk ke dunia film Disney dan juga pilihan aktivitas yang beredukasi.

Managing Director dari Walt Disney Animation Research Library
Mary Walsh mengatakan animasi adalah karya seni yang mampu merubah gambar yang diam dan statis menjadi hidup.

Baik itu sebuah gambar berupa garis yang menarik, sekumpulan objek yang telah disusun menjadi sebuah karakter, atau pun gambar digital dengan efek yang magis, animasi memiliki kekuatan tersendiri yang mampu membawa penonton masuk ke dalam dunia imajinasi yang indah.

Para pembuat film dan pendongeng di Walt Disney Animation Studios telah menciptakan, memproduksi dan melampaui batas-batas yang ada melalui media ini selama lebih dari 100 tahun.

"Kami sangat bersemangat mengumumkan pameran Disney: Magic of Animation bersama masyarakat Singapura dengan harapan bahwa semangat, kreativitas dan kesenian yang ditampilkan pada pameran ini akan menanamkan apresiasi yang lebih besar oleh pengunjung terhadap apa yang kami yakini sebagai keunikan tersendiri bagi seni di abad ke-20 yang sesungguhnya,” jelasnya.
 
Pameran ini akan mengeksplorasi kedua sisi animasi, baik seni maupun sains - sebuah teknik pembuatan film yang diawali oleh Disney dan disempurnakan dalam kurun waktu hampir satu abad.

Selain mempersembahkan inovasi teknologi dan sains yang sudah merevolusi dunia pembuatan film selama abad ke-20, pada waktu yang bersamaan, pameran ini juga menceritakan dari sisi para seniman yang terlibat dalam pembuatan dunia yang penuh akan keajaiban dan karakter khas yang dicintai oleh masyarakat sejak kecil.

"Dengan menampilkan ratusan artefak bersejarah yang tak ternilai, serta berbagai pilihan menarik dari karya seni kontemporer yang belum pernah ditampilkan sebelumnya, pameran ini menjadi perpaduan akan masa lalu dan masa kini yang mampu membuat khalayak kagum hingga tercengang,” tambah Honor Harger, Executive Director dari ArtScience Museum.

KEYWORD :

Putri Tidur Walt Disney




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :