Sabtu, 21/09/2019 01:44 WIB

Peristiwa Sejarah 07 September

Pada 7 September 1977, Presiden AS Jimmy Carter dan pemimpin Panama Omar Torrijos menandatangani sebuah perjanjian yang setuju untuk mentransfer kendali Terusan Panama dari Amerika Serikat

Pada 7 September 1977, Presiden AS Jimmy Carter dan pemimpin Panama Omar Torrijos menandatangani sebuah perjanjian yang setuju untuk mentransfer kendali Terusan Panama dari Amerika Serikat ke Panama pada akhir abad ke-20.

Jurnas.com - Tanggal 07 September yang jatuh pada hari ke-250 (hari ke-251 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah diantaranya:

1822 - Brasil merdeka dari Portugal.

1885 - Lewis A. Swift menemukan galaksi NGC 48.

1892 - James Corbett mengalahkan John L. Sullivan pada putaran ke 21 dalam pertarungan harga di New Orleans, pertarungan besar pertama di bawah Marquess of Queensberry Rules.

1901 - Pemberontakan Boxer di Cina berakhir dengan Protokol Boxer, perjanjian damai antara Cina dan kekuatan dunia lainnya.

1926 - Studio-studio Hollywood tutup pada hari itu untuk menghormati pemakaman Rudolph Valentino, superstar film bisu yang meninggal setelah operasi borok.

1940 - Jerman Nazi meluncurkan serangan London , pemboman yang diyakini Adolf Hitler akan melunakkan Inggris untuk invasi. Invasi tidak pernah terwujud.

1943 - Kebakaran melanda Hotel Gulf di Houston, menewaskan 55 orang , banyak dari mereka kehilangan tempat tinggal.

1963 - Hall of Fame Sepak Bola Pro dibuka di Canton , Ohio. Orang-orang yang dilantik termasuk George Halas dan Harold "Red" Grange.

1977 - Presiden AS Jimmy Carter dan pemimpin Panama Omar Torrijos menandatangani perjanjian yang setuju untuk mentransfer kendali Terusan Panama dari Amerika Serikat ke Panama pada akhir abad ke-20.

1986 - Desmond Tutu diangkat sebagai uskup agung Anglikan di Cape Town , menjadi kepala tituler kulit hitam pertama dari gereja Kristen terbesar keempat di Afrika Selatan.

1992 - 12 orang tewas ketika sebuah pesawat bermesin ganda yang membawa skydivers jatuh di ladang kacang kedelai di Hinckley, Illinois.

1996 - Rapper Tupac Shakur dirawat di rumah sakit setelah ditembak empat kali di Las Vegas. Shakur meninggal enam hari kemudian.

2007 - Keuskupan Katolik Roma San Diego setuju untuk membayar hampir $ 200 juta kepada 144 orang yang mengatakan bahwa mereka mengalami pelecehan seksual oleh para anggota klerus.

2008 - Pemerintah AS mengambil alih Fannie Mae dan Freddie Mac, perusahaan hipotek raksasa yang memiliki atau mendukung $ 5,3 triliun dalam hipotek, setelah mereka gagal memperhitungkan kerugian dengan tepat, menggunakan metode akuntansi yang dipertanyakan untuk mendorong mereka ke masa depan sehingga mereka tidak akan perlu dilaporkan sampai tahun berikutnya.

2009 - Pemerintah Inggris memvonis tiga pria yang merencanakan meledakkan tujuh penerbangan trans-Atlantik, menyelundupkan bahan peledak ke dalam botol minuman ringan, sebuah rencana yang mengarah pada peraturan penerbangan yang lebih ketat tentang botol-botol berisi cairan.

2011 - Sebuah kecelakaan pesawat di dekat kota Yaroslavl Rusia menewaskan 44 orang , termasuk hampir seluruh tim Liga Hoki Kontinental Yaroslavl Lokomotiv. Beberapa korban memiliki ikatan dengan Liga Hoki Nasional Amerika Utara. Seorang anggota awak pesawat adalah satu-satunya yang selamat.

2013 - Tokyo terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2020.

2013 - Tony Abbott terpilih sebagai Perdana Menteri Australia.

2017 - Gempa berkekuatan 8,1 melanda di luar Pijijiapan, Meksiko, di negara bagian Chiapas, menewaskan hampir 100 orang. Itu adalah gempa terkuat yang tercatat dalam satu abad.

TAGS : Peristiwa Sejarah Bulan September




TERPOPULER :