Jum'at, 19/04/2024 15:04 WIB

Setelah Korea, Benarkah Local Beauty Mulai Dilirik?

Perkembangan industri skincare di Indonesia makin berkembang, mulai dari Korea, Western dan Lokal beauty kini saling berhadapan. 

Pahami perbedaan fungsi skincare agar tak salah mengaplikasikan (Foto: Shutterstock)

Jakarta, Jurnas.com - Tawaran iming-iming kulit sehat, mulus, cerah dan glowing seperti porselen layaknya para aktris dan idol Korea jadi ‘sihir’ kuat yang menggoda para perempuan Indonesia untuk mencobanya.

Setelahnya, ada yang cocok sehinga lanjut terus memakainya, ada yang merasa tidak cocok dan langsung berhenti, ada juga yang sebenarnya tidak terlalu cocok tapi terus berusaha mencoba karena terlanjur jatuh hati pada brand-brand Korea tersebut.

Kecenderungan perempuan Indonesia untuk lebih memilih produk Korea dan lokal pun terlihat dari data survei yang diadakan oleh ZAP Beauty Index tahun 2018 kepada 19.889 perempuan Indonesia.

Hasil menunjukan bahwa 46 persen lebih menyukai produk asal Korea, 34 persen memilih produk asal Indonesia dan diurutan ketiga adalah produk asal Jepang sebanyak 21 persen.

Lalu bagaimana dengan penetrasi skincare lokal di Indonesia? Co-Founder dan CEO Social Bella, John Rasjid mengatakan beauty industri di Indonesia sangat dinamis. Jika sebelumnya banyak perempuan bicarakan K-beauty sebagai rujukan menurut John tidak juga karena western masih banyak yang pakai.

Bahkan kejutannya brand lokal juga siap bersaing head to head baik dari segi kualitas dan harga, tak lama lagi local beauty bisa dapat pasar yang luas, karena memang brand produknya bagus ya.

Yang paling banyak dicari produk skincare mulai dari pembersih hingga perlindungan, karena memang di Indonesia skincare itu jauh nomer satu kategori dari keseluruhan personal care industri beauty di Indonesia.

"Lima tahun lalu kan lokal brand hanya yang itu itu saja, mulai muncul 2016 diinisiasi sama Makeup Artist dan Beauty Blogger tahun 2017 dan 2018 lebih banyak lagi yang memunculkan produk lokal," ucapnya saat ditemui di Jakarta, Senin (2/9).

Sebagai wujud dukungan pada para pelaku industri lokal, pihaknya mulai meluncurkan baru 99 produk terlaris di Sociolla untuk tahun ini yang bisa jadi gambaran best product.

"Kita pun kasih panggung baik secara fisik maupun online, banyak produk lokal yang kita highlight dan munculkan di social media," imbuhnya 

KEYWORD :

Korea Beauty Local Beauty Tren Skincare




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :