Sabtu, 20/04/2024 06:30 WIB

Sertifikasi B Corp Dorong Pelaku Usaha Berbisnis Demi Kebaikan

Danone-AQUA merupakan perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) pert‘ama di Indonesia yang memperoleh sertifikasi B Corp pada Februari 2018 yang Ialu.

acara kopi sore bersama Danone Aqua terkait Sertifikasi B Corp pada Rabu (31/07) di Jakarta.

Jakarta, Jurnas.com – Setiap pebisnis dituntut untuk berperilaku etis baik dalam menjalankan operasionalnya secara internal, maupun bagi lingkungan. Salah satu caranya adalah dengan mengoptimalkan Gerakan B Corporation (B Corp) agar dapat menjadi sebuah langkah untuk mendorong bisnis agar senantiasa mengedepankan kesejahteraan manusia dan keberlangsungan planet bumi.

Meski istilah B Corp masih asing di Indonesia, namun semangat B Corp yang mengedepankan bisnis yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan adalah visi yang sudah dikenal di Indonesia sejak 2018 yang Ialu.

Karyanto Wibowo, Sustainable Development Direktur Danone Indonesia, mengatakan, sertifikasi B Corp diberikan kepada perusahaan yang selama proses audit mampu membuktikan bahwa bisnis prosesnya mulai darl rantai pasok, sistem operasional hingga produk yang dilempar ke pasar bisa memberikan dampak positif dan nilai tambah bagi masyarakat dan lingkungan.

“Ada lima aspek yang menjadi perhatian dalam sertifikasi B Corp yaitu tata kelola, kawawan, lingkungan, komunltas dan konsumen,” ujar Karyanto dalam acara kopi sore bersama Danone Aqua pada Rabu (31/07) di Jakarta.

Danone-AQUA merupakan perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) pert‘ama di Indonesia yang memperoleh sertifikasi B Corp pada Februari 2018 yang Ialu.

“Hal ini menjadi pembuktian selama perjaianan Danone-AQUA di Indonesia telah menerapkan praktik bisnis yang bertanggung jawab dan berkontribusi dalam mengatasi masalah sosial dan Iingkungan,” ujarnya.

Menurut Karyanto, sertifikasi B Corp telah mendorong Danone-AQUA melakukan perubahan yang juga berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Danone-AQUA juga mendorong terbentuknva ekonomi inklusif dengan memberdayakan perempuan Melalui mikro dIstribusi AQUA Home Services.

“Saat ini ada 7300 lebih ibu rumah tangga menjadi mitra AHS yang juga merupakan penyumbang pendapatan keluarga,” katanya.

Selain itu, Karyanto menjelaskan bahwa dengan menjadi B Corp, Danone-AQUA ingin menjadi bagian dari komunitas dunia untuk mendorong perubahan ke arah yang lebih baik.

"Kami juga masih jauh dari sempurna, tetapi kami ingin menjadi bagian dari solusi dan bersama-sama kita kondisi sosial, ekonomi dan lingkungan yang lebih baik untuk Indonesia. Untuk itu kami ingin mengajak pelaku bisnis di Indonesia untuk bergabung dengan Komunitas B Corp,” tambahnya,

Mengikutl jejak Danone-AQUA, saat ini, terdapat sejumlah perusahaan yang juga tertarik menjadi B Corp, salah satunya adalah Great Giant Foods (GGF), industri yang bergerak dibidang makanan dan minuman olahan.

Arif Fatullah, Senior Manager Sustainability Great Giant Foods mengatakan bahwa B Corp bisa memberikan nilai lebih bagi perusahaannya di mata konsumen. Saat ini GGF merupakan perusahaan eksportir nanas kaleng nomor 1 di dunia dengan pangsa pasar di Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah dan juga Asia.

"Selama inl GGF telah menjalankan praktek produksi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Kami berupaya memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar operasional Perusahaan. Hal,tersebut dilakukan dengan membangun kemitraan strategls bersama masyarakat untuk menjadi pemasok,” kata Arif.

Saat ini, sebanyak 2.933 perusahaan, 150 industri dari 64 negara telah tersertifikasi B Corp. Setiap bulan rata-rata terdapat 27 perusahaan mendapat sertifikasi B Corp. Perusahaan B Corp kemudian membentuk gerakan global untuk menciptakan perubahan sistem sosial danl lingkungan serta mendukung tumbuhnya ekonomi inklusif yang berkelanjutan.

KEYWORD :

Sertifikasi B Corp Danone Aqua




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :