Jum'at, 19/04/2024 08:53 WIB

Hanura Dukung Jokowi Secara Idiologis, Tak Mau Minta-minta Jatah Menteri

Partai-partai yang meminta dan mematok jatah kursi menteri ibarat belang dan topeng yang kini terbuka

Benny Ramdhani

Jakarta, Jurnas.com - Ketua DPP Hanura, Benny Ramdhani mengatakan, Partai Hanura tak mau membebani Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma`ruf Amin dengan meminta apalagi mematok jatah kursi menteri, meskipun sejak awal Hanura ikut dalam koalisi memenangkan paslon 01.

"Kami tak mau sebagai partai koalisi, kemudian setelah menang membebani Pak Jokowi minta-minta jatah kursi menteri," ujar Benny di Jakarta, Sabtu (20/7/2019).

Menurut Benny, partai-partai yang meminta dan mematok jatah kursi menteri itu ibarat belang dan topeng yang kini terbuka. Sebab dukungannya selama ini tidak tulus, melainkan ada udang di balik batu.

Kata Benny, Hanura memberi dikungan kepasa Pak Jokowi-KH Maruf secara idiologis. Kami sudah pada tahap bicara kepentingan negara dan bangsa. Bukan lagi sekedar bicara jatah menteri apalagi mematok jumlah menteri. Posisi Hanura tidak di situ," jelas Benny.

Benny juga menegaskan, Hanura tak mau menjadi beban bagi Jokowi sebagai presiden terpilih. Namun jika memang Jokowi sendiri yang meminta untuk masuk dalam pemerintahan, maka Hanura tentu akan menyiapkan kader terbaik demi tercapainya tujuang berbangsa dan bernegara.

"Sebab dari awal kami mendukung Jokowi-KH Maruf Amin atas dasar diologi. Karena kami yakin bahwa problem-problem bangsa akan bisa diatasi dengan Jokowi sebagai presiden dan KH Ma`ruf Amin sebagai wakil presiden. Itu tujuan idiologis kami," tegas Benny.

Menurut Benny parpol yang sekedar meminta jatah jabatan, justru merusak sistem bernegara. Sebab sejatinya sistem presidensial itu adalah memberi kewenangan penuh kepada presiden dalam menyusun kabinet.

"Jadi Hanura tidak pernah meminta jatah kursi apalagi mematok. Yang minta-minta jatah menteri sangat memalukan," tegas Benny.

Di sisi lain, Benny mengatalan kalau bicara kualifikasi kader, maka Hanura juga memiliki banyak kader yang bisa membantu Pemerintahan Jokowi-KH Maruf Amin. Tapi kami sipatnya tidak memimta, apalagi menaksa bahkan mematok jumlah.

"Hanya kalau pak Jokowi meminta dan datang langsung, maka kami siapkan kader terbaik," tegas Benny.

KEYWORD :

Hanura Benny Ramdhani kursi menteri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :