Sabtu, 14/12/2019 14:24 WIB

Tanker Inggris Tubruk Kapal Nelayan Iran

Seluruh awak yang terdiri dari 23 orang di kapal tanker itu sekarang diamankan di pelabuhan Bandar Abbas, dan akan tetap di kapal sampai akhir penyelidikan.

Kapal tanker diserang di Teluk Oman. (Foto: ISNA/AFP)

Jenewa, Jurnas.com - Kapal tanker berbendera Inggris, Stena Impero, menabrak kapal nelayan Iran. Demikian keterangan kantor berita Iran, pada Sabtu (20/7).

Seluruh awak yang terdiri dari 23 orang di kapal tanker itu sekarang diamankan di pelabuhan Bandar Abbas, dan akan tetap di kapal sampai akhir penyelidikan.

"Kapal itu terlibat dalam kecelakaan dengan kapal penangkap ikan Iran. Ketika kapal itu mengirim panggilan darurat, kapal berbendera Inggris itu mengabaikannya," kata kepala Pelabuhan dan Organisasi Maritim di provinsi Hormozgan selatan, Allahmorad Afifipour, kepada Fars.

"Kapal tanker itu sekarang berada di pelabuhan Bandar Abbas Iran dan semua 23 awaknya akan tetap di kapal sampai pemeriksaan selesai."

Awak kapal itu terdiri atas 18 warga negara India dan lima lainnya dari Rusia, Filipina, Lithuania, dan tempat lain, kata Afifipour.

Stena Impero dibawa ke Bandar Abbas pada Jumat malam oleh pasukan angkatan laut Pengawal Revolusi Iran. Adapun penyelidikan kecelakaan dimulai pada Sabtu ini.

Inggris mengatakan sebelumnya, bahwa pihaknya sedang mencari informasi tentang kapal tanker itu, yang sedang menuju pelabuhan di Arab Saudi dan tiba-tiba mengubah arah setelah melewati selat di mulut Teluk.

Hubungan yang tegang antara Iran dan Barat menjadi semakin penuh sejak angkatan laut Inggris menangkap tanker Grace 1 Iran di Gibraltar pada 4 Juli atas dugaan penyelundupan minyak ke Suriah dalam pelanggaran sanksi Uni Eropa.

TAGS : Tanker Inggris Iran




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :