Kamis, 14/11/2019 14:00 WIB

Orang Tua Berperan Bikin Anak Kecanduan Gadget

Ketika orang tua resah karena anak lebih tertarik pada gadget, sebenarnya mereka tanpa sadar yang sudah memulainya.

Para pelajar bermain game online (Foto: GB Times)

Jakarta, Jurnas.com - Semakin cepat anak terkontaminasi teknologi, akan semakin cepat perubahan mental dalam dirinya.

Sebelum anak mengalami kecanduan gadget ada baiknya orang tua cepat tanggap, mencegah, dan memperhatikan anak menjadi kecanduan dan tidak tertarik pada kegiatan yang lain.

Salah satunya peran orang tua adalah mengalihkan dunia anak agar mau tertarik dengan dongeng. Menurut Psikolog Ratih Ibrahim sebetulnya kunci mengalihkan anak dari gadget menjadi suka dongeng ada di orang tua sendiri.

"Simpan gadget kamu lalu berikan waktu lebih pada anak-anak kamu, berikan perhatian intens. Mungkin di awal anak akan rewel namun jika dilaku konsisten akan berdampak. Mulailah dengan aktivitas mendongeng dan bercerita apapun ke anak," ujar Ratih usai ditemui di acara peluncuran Aku dan Kau Suka Dongeng di Jakarta, Kamis (18/7).

Jika kegiatan kita bersama anak bisa menjadi lebih asyik dari gadget maka kita telah menyelamatkan anak kita dari adiksi gadget.

"Tapi ya mesti tabah kitanya, nah yang sering kita gak tahan adalah repotnya. Kita takut repot kalau anak geratikin rumah, daripada rumah berantakan gak karuan karena anak bermain segala macam lagi eksplor ini itu yaudah mending kita kasih gadget aja ke anak biar dia anteng, yang ngeracunin sebenarnya siapa? Kita sendiri kan, karena kita malas repot," paparnya.

Jadi jawabannya berani untuk disiplin ke diri sendiri mulai tidak pakai gadget selama bersama anak, berani juga repot, berani juga rumahnya berantakan, karena yang punya anak kita. Repot rumah berantakan segala macam ya ikhlasin, anak lagi bereksplorasi dan itu perlu agar mereka kreatif.

Bagaimana agar bisa kreatif? Bergaulah dengan orangtua lain yang kreatif juga, cari ide apa aja. Mesti berani repot intinya, hasilnya akan kelihatan saat anak menuju dewasa. 

TAGS : Kecanduan Gadget Kegiatan Dongeng




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :