Minggu, 18/08/2019 10:00 WIB

Trump Utus Rand Paul sebagai Penghubung Iran

Penugasan Rand Paul dapat menghambat kampanye yang disebut tekanan maksimum pemerintah.

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. (Foto: PressTV)

Washington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dilaporkan menunjuk Senator Rand Paul (R-Ky.) sebagai penghubung ke Iran sebagai upaya yang dinyatakan untuk mengurangi ketegangan dengan Teheran.

Trump menandatangani proposal akhir pekan ini, empat pejabat AS mengatakan kepada Politico, Rabu (17/7) waktu setempat.

Laporan itu dirilis sehari setelah Trump dan sekretaris negaranya, Mike Pompeo, berbicara tentang kemajuan dan kesepakatan dengan Iran.

Menurut Politico, penugasan Rand Paul dapat menghambat kampanye yang disebut tekanan maksimum pemerintah.

Pada Sabtu, Paul bermain golf bersama presiden di klubnya di Sterling, Virginia, bersama dengan Sens Lindsey Graham (R-S.C.) Dan David Perdue (R-Ga.).

Baik Gedung Putih maupun kantor Paul sudah berkomentar tentang pertanyaan media AS tentang pertemuan antara Paul dan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, yang saat ini berada di New York.

Senator anti-perang mengecam Pompeo selama sidang April di Capitol Hill tentang keinginan menyerang Iran tanpa melewati persetujuan kongres.

"Anda tidak memiliki izin Kongres untuk berperang dengan Iran. Hanya Kongres yang bisa mendeklarasikan perang," kata Paul kepada Pompeo.

Laporan itu datang di tengah pembatasan yang dikenakan pada Zarif selama kunjungannya di New York.

Teheran mengatakan, pembatasan yang diberlakukan terhadap Zarif ke markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB )dan misi Iran Iran atau kediaman duta besar PBB untuk Iran, tidak akan mempengaruhi jadwal kerjanya.

AS berkewajiban untuk mengizinkan akses ke PBB, berdasarkan perjanjian 1947, yang melibatkan kantor pusat PBB.

TAGS : Amerika Serikat Donald Trump Rand Paul Iran




TERPOPULER :