Sabtu, 20/04/2024 16:00 WIB

Portugal Setop Terbitkan Visa untuk WN Iran

Portugal membantah hal itu dilakukan karena masalah ancaman keamanan atau politik di Timur Tengah.

Visa Schengen (Foto: Ilustrasi)

Lisbon, Jurnas.com – Portugal menyetop penerbitan visa bagi warga negara Iran yang ingin masuk ke negara tersebut. Portugal juga meningkatkan keamanan di konsulatnya di Teheran, namun membantah hal itu dilakukan karena masalah ancaman keamanan atau politik di Timur Tengah.

Dikutip dari Reuters pada Rabu (17/7), penangguhan ini bersifat sementara. Cara alternatif akan diberlakukan untuk mengeluarkan visa bagi mereka yang membutuhkan, menurut keterangan Kementerian Luar Negeri Portugal.

“Langkah ini tidak dihasilkan dari penilaian kondisi keamanan umum di Iran atau aspek kelembagaan atau politik lainnya,” demikian keterangan kementerian tersebut.

Pada Selasa (16/7) kemarin, Menteri Luar Negeri Portugal Augusto Santos Silva mengatakan kepada komite parlemen, bahwa penerbitan visa telah ditanggungkan karena alasan keamanan yang tidak ditentukan.

Sementara anggota parlemen dari Partai Konservatif CDS-PP, Goncalves Pereira mengungkapkan penangguhan ini akan berjalan selama dua hingga tiga minggu ke depan.

Terkait penangguhan, juru bicara kedutaan Iran di Lisbon menyebut akan ada pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Iran dalam waktu dekat.

KEYWORD :

Portugal Iran Penangguhan Visa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :