Sabtu, 14/12/2019 14:42 WIB

Boleh Gak Sih Pakai Skincare Beda Merek?

Tren perawatan kulit masa kini cenderung trial by eror antara satu produk denhan produk lainnya untuk mencari yang cocok.

Tidak masalah memakai berbagai jenis produk skincare asal kita paham kandungan bahan aktif yang dipakai (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Tren perawatan kulit masa kini tidak hanya berfokus pada satu jenis, banyak dari para pengguna yang memakai lebih dari satu jenis untuk rangkaian perawatan.

Lalu apakah campur jenis seperti itu akan berpengaruh pada wajah kita?

Dokter Spesialis kulit dan kecantikan Hafiza Fikri Fadel SpKK mengatakan memang benar saat ini metode campur skincare sedang tren, untuk itu penting bagi kita untuk mengetahui bahan aktif apa yang ada dalam produk yang kita pakai.

"Kita perlu tahu ini dengan mencari informasi yang sudah banyak beredar. Misalnya retinol sebagai salah satu bahan aktif. Apakah di produk kita ada kandungan retinol dan apakah kita cocok pakai bahan itu. Atau acid bersifat asam, oh ternyata ini saya ga bisa campur ke bahan basa," terang Hafiza usai ditemui di acara Launching Wardah Renew You Series di Jakarta, Selasa (16/7).

Ada bahan yang bisa digunakan bersama ada yang tidak. Ada yang dipakai pagi malam dan tapi ada juga yang bukan harus tapi sebaiknya bisa menunjukkan efek sinergis.

Efek baik untuk tercapainya target yang diinginkan. Ketika menggunakan retinol bisa melepaskan ikatan antar sel secara vertikal, dari lapisan atas dan bawah.

Dengan tambahan hidroxy Acid yang sama secara horisontal tercapai efek sempurna menjadi exfoliating agent. Kombinasi pengunaan tersebut biasanya di malam hari. Tidak hanya day by day rutin tapi konsisten dengan stepnya.

Menurut Hafiza tidak ada larangan secara khusus mencampur skincare. "Kalau mutlak tidak boleh itu jarang ya, karena bahan aktif dalam produk ya g tadinya tidak bisa dicampur sekarang bisa dicampur. Yang penting kita pakai yang sesuai untuk wajah bukan yg berfungsi sebagai obat. Khusus bahan aktif.

"As long as Selama bahan masih bersifat kosmetik itu tidak masalah, tapi balik lagi kalau kulit kita sensitif ya ga bisa pakai retinol dan hdrocyd karena jatuhnya jadi too much," jelasnya.

TAGS : Perawatan Kulit Tren Skincare




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :