Minggu, 18/08/2019 10:02 WIB

Olahraga Teratur dapat Meningkatkan Kualitas Sperma

YSelain asupan gizi yang seimbang, olahraga teratur juga dapat memengaruhi kesuburan pria.

Jogging ringan(Foto: Ilustrasi/Shutterstock)

Jurnas.com - Tahukah Anda, pria yang aktif secara fisik berolahraga setidaknya tiga kali seminggu selama 30-45 menit dapat memperbanyak sperma berkualitas.

Aktivitas fisik telah terbukti memberikan efek perlindungan pada kesuburan ketika digabungkan dengan penurunan berat badan. Namun olahraga berlebihan dapat secara negatif mengubah keseimbangan energi dalam tubuh dan mempengaruhi sistem reproduksi.

Pria yang aktif secara fisik, berolahraga setidaknya tiga kali seminggu selama 30 sampai 45 menit dapat memperbanyak sperma berkualitas. Pola makan dikombinasikan dengan olahraga diketahui dapat meningkatkan kualitas sperma dan mengurangi DNA sperma.

Dr Veronica Wijaya, MD, M.Nutr menjelaskan beberapa jenis olahraga kardio seperti jogging, hiking, atau berenang membantu mengondisikan jantung dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

"Kondisi tersebut dapat membantu memperkuat ereksi dan mengurangi racun di testis," ucapnya.

Dr Veronica menyarankan untuk memilih olahraga yang sesuai denhsn minat Anda. Seperti tenis lapangan, bola basket, sepak bola atau jogging di pagi hari yang bisa menjadi alternatif cara menyenangkan dan mudah menjaga detak jantung lebih lama.

TAGS : Olahraga Teratur Sperma Berkualitas




TERPOPULER :