Jum'at, 19/04/2024 00:03 WIB

Gubernur Koster Berharap Bali Bersih dari Sampah dan Polutan

Gubernur Bali Wayan Koster mengharapkan daerahnya tidak hanya bersih dari kotoran sampah, tetapi juga aneka polusi udara yang selama ini banyak mencemari lingkungan alam Pulau Dewata.

Gubernur Bali, Wayan Koster saat melepas ratusan bikers peserta Bali Bersih Touring and Fun 2019 di depan Lapangan Lumintang Denpasar, Minggu (14/7).

Denpasar, Jurnas.com - Gubernur Bali Wayan Koster mengharapkan daerahnya tidak hanya bersih dari kotoran sampah, tetapi juga aneka polusi udara yang selama ini banyak mencemari lingkungan alam Pulau Dewata.

"Mari kita secara bersama-sama ambil bagian dalam menjaga lingkungan, sehingga alam dan udara Bali menjadi bersih dan sehat," kata Gubernur Koster saat melepas ratusan bikers peserta `Bali Bersih Touring and Fun 2019` di depan Lapangan Lumintang Denpasar, Minggu (14/7).

Berkaitan dengan itu, Gubernur menyatakan sangat mengapresiasi pelaksanaan `Bali Bersih Touring and Fun 2019` yang digagas Harian Bali Post, sehubungan kegiatan ini bentuk nyata dari pelaksanaan visi `Nangun Sat Kerthi Loka Bali`, yang antara lain menekankan pentingnya menjaga alam dan budaya Bali agar tetap bersih, sehat dan lestari.

Selain alam dan budaya agar tetap lestari, visi Pemprov Bali itu juga nengajak seluruh warga untuk ikut serta dalam membangkitkan Bali ke depan melalui pola pembangunan semesta berencana, menuju Bali Era Baru, ujar Gubernur yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Bali.

"Jadi jelas, visi `Nangun Sat Kerthi Loka Bali` mengandung arti menjaga kesucian dan keseimbangan alam beserta isinya untuk mewujudkan kehidupan Krama Bali yang sejahtera dan bahagia sekala niskala sesuai prinsip Trisakti Bung Karno, yakni berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan," katanya, menegaskan.

Mantan anggota DPR RI itu menyebutkan bahwa program kerja yang mengedepankan kepentingan Krama Bali, termasuk pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat, akan terus berlanjut hingga semuanya menjadi kenyataan di masyarakat.

Dengan demikian, segenap warga yang berkumin di Bali akan menjadi sehat. "Kita bisa hidup sehat, menghirup udara yang bersih," ujar Koster dengan menambahkan, khusus pengenai polusi dari asap rokok, nantinya akan dilakukan dengan cara pembatasan dan kontrol penggunaan rokok.

Gubernur menambahkan, pihaknya kini sedang membuat rancangan Pergub untuk penggunaan sepeda motor dan mobil listrik guna mengurangi polusi udara. "Ini bagian dari upaya kita bersama agar Bali ini bersih," ucapnya, menandaskan.

Peserta `genjot` sepeda `Bali Bersih Touring and Fun 2019` yang dilepas pagi itu, menempuh jalur Lumintang-Danau Tamblingan. Selain Gubernur, pembukaan juga dihadiri Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster, Wakil Wali Kota Denpasar AA Jayanegara dan Pemimpin Bali Post ABG Satria Naradha.

KEYWORD :

Info Bali Gubernur Bali Wayan Koster




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :