Minggu, 25/08/2019 22:46 WIB

Makanan Ini Bikin Sperma Pria Berkualitas

Selain berolahraga teratur dan menghindar stres, asupan makanan sangat membantu meningkatkan jumlah dan kualitas sperma pada pria. 

Baik pria atau wanita masing-masing berpotensi memiliki masalah seksual (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)

Jurnas.com - Masalah kesuburan atau fertilitas tak hanya dialami perempuan. Meningkatkan fertilitas pada pria pun menjadi suatu keharusan terlebih lagi bila Anda mengidamkan kehadiran sang buah hati di tengah keluarga.

Menurut dr Luh Purwani, M.Kes fertilitas berkaitan dengan kuantitas dan kualitas sperma seorang pria. Faktor-faktor yang mempengaruhi sperma sangat beragam, misalnya menjaga berat badan ke tingkat yang lebih sehat.

"Kelebihan dan kekurangan berat badan dapat mengganggu keseimbangan hormon yang menyebabkan jumlah sperma lebih rendah," ucapnya.

Faktor lain, seperti stres, ucapnya juga dapat mengurangi kepuasan seksual dan kesuburan. Hindari stres dan lakukan relaksasi mulai dari yang sederhana seperti jalan-jalan di alam dan meditasi, olahraga atau menghabiskan waktu dengan teman-teman.

Sementara itu, lanjut dr Luh kualitas sperma ma dapat ditingkatkan dengan asupan makanan seperti sayuran dan ikan.

Sayuran yang baik untuk kesehatan pria antara lain: wortel, brokoli, bayam, daun kelor, daun katuk, daun pepaya, dan daun selada. Antioksidan dalam sayuran berfungsi menangkap radikal bebas yang dapat merusak sperma.

Selain itu sayur juga mengandung asam folat yang berperan penting dalam proses spermatogenesis karena folat mempunyai peran penting dalam sintesis DNA dan protein.

Selain sayuran, asupan makanan lain ialah ikan laut yang menjadi bahan makanan sumber asam lemak tidak jenuh ganda yang baik untuk kesehatan pria. Ikan sebagai sumber asam lemak esensial yaitu omega 3 yang berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi

TAGS : Kualitas Sperma Kesehatan Pria




TERPOPULER :