Jum'at, 13/12/2019 17:11 WIB

Ecommerce Digital, Penguatan UMKM

Hingga saat ini terdapat 898 UMKM binaan dan mitra BI, diantaranya 91 UMKM telah menembus pasar ekspor dengan nilai mencapai Rp 1,4 triliun.

Karya Kreatif Indonesia 2019 dibuka hari ini di JCC hinga hari Minggu besok (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Bank Indonesia kembali menggelar pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 pada hari Jumat-Minggu, 12-14 Juli 2019 di Jakarta Convention Center, guna mendukung UMKM Indonesia menuju pasar internasional dan memaksimalkan platform digital (e-commerce).

Berlandaskan visi yang sama dengan Bank Indonesia untuk mewujudkan ekonomi digital di Indonesia yang lebih baik, Shopee berpartisipasi dalam berbagai rangkaian acara KKI 2019, termasuk memberikan business matching & coaching untuk UMKM binaan yang hadir.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan BI mendorong inovasi dan pemasaran UMKM binaan melalui program yang mendorong terciptanya usaha kreatif yang mengangkat budaya daerah, pemasaran UMKM yang menjangkau seluruh dunia secara online, dan pengenalan platform digital untuk transaksi pembayaran maupun
pencatatan transaksi penjualan.

Hingga saat ini terdapat 898 UMKM binaan dan mitra BI, diantaranya 91 UMKM telah menembus pasar ekspor dengan nilai mencapai Rp 1,4 triliun
dalam satu tahun terakhir dan lebih dari 355 UMKM telah memanfaatkan platform digital dalam pemasarannya serta 173 UMKM telah mendapatkan pembiayaan perbankan.”

Dalam Evaluasi Satu Tahun Pelaksanaan Peta Jalan E-commerce tahun 2017-2019, diakui masih adanya isu strategis terkait ekonomi digital yang belum tercantum. Salah satunya mengenai tanggung jawab para pelaku e-commerce untuk melakukan penguatan terhadap UMKM dan produk lokal .

Radityo Triatmojo Head of Government Relation Shopee Indonesia mengatakan pihaknya memberikan kesempatan untuk mendorong UMKM Indonesia melakukan ekspor ke beberapa negara di kawasan melalui inisiatif Kreasi Nusantara.

Program ini sejalan dengan tema KKI 2019, “Go Export dan Go Digital” dan kami dengan senang hati menyambut keselarasan visi dengan Bank Indonesia. Laman Kreasi Nusantara khusus kami dedikasikan untuk memberikan sorotan bagi produk lokal dan UMKM ini telah mengkurasi sekitar 25.000 produk lokal setiap minggunya dengan peningkatan transaksi hingga 8 kali lipat sejak pertama kali diluncurkan.”

Selain berpartisipasi dalam berbagai rangkaian acara KKI 2019, Shopee juga menggelar kampanye belanja untuk memberikan sorotan khusus bagi top produk UMKM binaan BankIndonesia di Shopee melalui Kreasi Nusantara.

Top produk yang dimaksud meliputi berbagai kategori favorit di Shopee, seperti fesyen, kudapan, kebutuhan rumah tangga, danlainnya. Kampanye Kreasi Nusantara untuk KKI berlangsung dari tanggal 9-16 Juli 2019, dimana pengguna dapat menikmati cashback hingga Rp 100.000.

“Melalui berbagai rangkaian acara di KKI 2019, kami berharap dapat memberikan dukungan nyata dan solusi bagi para UMKM yang hadir, dan dapat sama – sama menciptakan pertumbuhan ekonomi digital dan terus beradaptasi dengan tren global saat ini”, ucap Radityo.

TAGS : Ecommrce Digital Penguatan UMKM




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :