Selasa, 16/07/2019 03:50 WIB

Kebiasaan Merokok Jadi Penyebab Utama Kanker Paru

Asap rokok telah terbukti menjadi penyebab utama timbulnya kanker paru baik pada perokok aktif maupun pasif. 

Ilustrasi merokok

Jurnas.com - Lebih dari 30 persen penyakit kanker dapat dicegah dengan cara mengubah faktor risiko, perilaku dan pola makan penyebab penyakit kanker. Kebiasaan merokoknya seringkali dikaitkan sebagai penyebab kanker paru.

Wajar saja, karena sekitar 70 persen kematian akibat kanker paru di seluruh dunia disebabkan karena merokok.

Lalu apa gejalanya? Dimulai dari paru dan dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh. Kanker ini merupakan penyakit yang timbul akibat pertumbuhan tidak normal sel-sel jaringan di paru yang berubah jadi sel kanker.

Bagaimana dengan penyebabnya? Dapat disebabkan berbagai faktor antara lain asap rokok dan perubahan genetik. Merokok adalah perubahan utama terjadinya kanker paru pada 80-90 persen kasus kanker paru meski hanya 10-25 persen perokok terserang kanker paru.

Asap rokok telah terbukti jadi penyebab utama timbulnya kanker paru baik pada perokok aktif atau pasif. Angka kesakitan dan kematian akibat kanker paru meningkat sebanding dengan jumlah rokok yang dihisap setiap hari, usia saat mulai merokok, dalamnya hisapan, lama kebiasaan merokok dan tingginya zat karsinogen dalam tar di asap rokok.

Faktor risiko kanker paru lain adalah pajanan radiasi, paparan pekerjaan terhadap bahan kimia karsinogenik, riwayat kanker pada pasien atau keluarga pasien, dan riwayat penyakit paru seperti fibrosis paru.

TAGS : Kanker Paru Asap Rokok




TERPOPULER :