Sabtu, 20/04/2024 16:26 WIB

Iran Tepis Hentikan Kapal Tanker Inggris di Teluk Persia

Pejabat AS lainnya juga menyebut dugaan insiden itu sebagai tindakan pelecehan dan upaya untuk mengganggu jalan tersebut.

Angkatan Laut Kerajaan Inggris, menunjukkan kapal fregat Tipe 23 HMS Montrose melakukan pembeloka selama latihan Marstrike 05 di lepas pantai Oman 22 Maret 2005. (Via Reuters)

Teheran, Jurnas.com - Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) membantah klaim pejabat Amerika Serikat (AS) bahwa pasukan angkatan lautnya Teheran mencoba menghentikan sebuah kapal tanker Inggris di Teluk Persia.

Pada Kamis (11/7) pagi, dua pejabat AS, yang berbicara kepada Reuters tanpa menyebutkan nama, mengklaim, lima kapal yang diyakini milik IRGC mendekati kapal tanker British Heritage di pintu masuk utara Selat Hormuz dan memerintahkannya untuk berhenti.

Kapal-kapal Iran bubar, kata salah satu sumber itu, setelah kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris HMS Montrose, yang mengawal kapal tanker itu, mengarahkan senjata ke kapal Iran sembari memperingatkan mereka melalui radio.

Pejabat AS lainnya juga menyebut dugaan insiden itu sebagai tindakan pelecehan dan upaya untuk mengganggu jalan tersebut.

Namun seperti dilansir PressTV, IRGC menolak klaim pejabat AS itu, menekankan bahwa kapal-kapal Iran menjalankan tugas mereka sangat normal.

"Patroli kapal-kapal Angkatan Laut IRGC telah berlangsung di Teluk Persia berdasarkan prosedur dan misi saat ini yang ditugaskan kepada mereka dengan kewaspadaan, ketelitian dan kekuatan," kata Departemen Hubungan Masyarakat Zona Kelima Angkatan Laut IRGC dalam sebuah Zona Angkatan Laut Kelima IRGC dalam sebuah pernyataan.

"Dalam 24 jam terakhir, belum ada pertemuan dengan kapal asing, termasuk kapal Inggris," tambahnya lagi.

Pernyataan itu lebih lanjut menekankan, zona kelima Angkatan Laut IRGC memiliki kekuatan bertindak dengan tegas dan cepat serta menyita kapal-kapal asing di daerah yang ditugaskan untuk berpatroli jika ada perintah.

Demikian pula, Inggris mengklaim pada hari yang sama bahwa tiga kapal Iran mencoba untuk memblokir bagian kapal tankernya tetapi gagal.

"HMS Montrose terpaksa menempatkan dirinya di antara kapal-kapal Iran dan British Heritage dan mengeluarkan peringatan lisan kepada kapal-kapal Iran, yang kemudian berbalik," kata seorang perwakilan pemerintah Inggris.

KEYWORD :

Kapal Tanker Inggris Teluk Persia Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :