Kamis, 25/04/2024 13:49 WIB

Para Imuwan Pecahkan Misteri Pembunuhan Zaman Batu

Sisa-sisa 33.000 tahun manusia Zaman Batu ditemukan di gua Transylvania selama Perang Dunia II. Yang tersisa dari dirinya hanyalah tengkorak.

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa luka-luka yang diderita oleh seorang pria Paleolitik Muda disebabkan oleh konfrontasi tatap muka yang keras. Foto oleh Elena Kranioti, et al./PLOS One

Jakarta, Jurnas.com - Misteri tengkorak kuno yang retak telah diselesaikan. Sebuah tim peneliti internasional di Eropa memutuskan bahwa permainan busuk adalah penyebab cedera kepala pria Paleolitik Atas itu.

Sisa-sisa 33.000 tahun manusia Zaman Batu ditemukan di gua Transylvania selama Perang Dunia II. Yang tersisa dari dirinya hanyalah tengkorak. Penambang menyerahkan tengkorak kepada para ilmuwan, tetapi dokumentasi awal mereka gagal menyebutkan fraktur.

"Meskipun foto-foto kualitas bagus dari sisa tempurung kepala, [para ilmuwan] hanya menerbitkan foto-foto buram sisi dengan fraktur besar," kata Elena Kranioti, peneliti di Universitas Kreta dilansir UPI.

"Beberapa ilmuwan mengidentifikasi trauma itu sebagai perimortem pada 1979, sementara yang lain dalam publikasi yang lebih baru mengabaikan fraktur sepenuhnya, mungkin karena itu tidak dijelaskan dalam laporan asli atau karena mereka berfokus pada pertanyaan evolusi," tambahnya.

Kranioti dan rekan-rekannya memutuskan untuk memeriksa kembali bukti. Para peneliti menghasilkan selusin bola mirip tengkorak yang terbuat dari tulang sintetis, masing-masing diisi dengan gelatin balistik, dan menjadikannya berbagai simulasi trauma eksperimental.

"Kami mensimulasikan skenario yang paling mungkin: jatuh dari ketinggian, pukulan dengan tongkat kayu, dengan batu, pukulan ganda, dan sebagainya," kata Kranioti.

Analisis mereka terhadap tengkorak menunjukkan sebenarnya ada dua luka berbeda di sisi kanan tengkorak. Peneliti mengidentifikasi fraktur linear di dasar tengkorak, serta fraktur depresi di sisi kanan ruang tengkorak. Simulasi membuktikan serangkaian pukulan oleh kelelawar yang paling menjelaskan cedera.

Patah tulang, para ilmuwan menyimpulkan, bukan disebabkan oleh kecelakaan atau kerusakan post-mortem. Sebaliknya, konfrontasi tatap muka berubah menjadi kekerasan sekitar 33.000 tahun yang lalu sebuah pembunuhan Paleolitik Muda.

"Paleolitik Muda adalah periode waktu yang biasanya digambarkan sebagai menunjukkan inovasi teknologi dan budaya yang cepat, serta perilaku simbolik yang meningkat dan ekspresi artistik," Kami menunjukkan bahwa manusia Paleolitik Muda juga mampu membunuh, "Katerina Harvati, profesor di Universitas Tübingen, menulis dalam makalah terkait.

"Bahkan jika itu tidak selalu mengejutkan, itu menunjukkan bahwa perilaku kekerasan juga hadir pada pengumpul-pemburu manusia modern awal, dan tidak hanya pada manusia purba, seperti Neanderthal."

KEYWORD :

Para Ilmuan Zaman Batu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :