Selasa, 16/04/2024 10:57 WIB

DKI Jakarta Juara Umum OSN SD 2019

DKI Jakarta mengumpulkan sembilan medali, yang terdiri dari tiga emas, lima perak dan satu perunggu, dari total 60 medali.

Direktur Pembinaan SD Kemdikbud, Khamim, menyerahkan piala kepada pemenang OSN 2019 (Foto: BKLM)

Jakarta, Jurnas.com - DKI Jakarta keluar sebagai juara umum dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) Sekolah Dasar tahun ini. Dalam kegiatan yang digelar di Yogyakarta pada 30 Juni-6 Juli itu, DKI Jakarta mengumpulkan sembilan medali, yang terdiri dari tiga emas, lima perak dan satu perunggu, dari total 60 medali.

Adapun di posisi kedua ditempati oleh Provinsi Jawa Timur, dengan meraih satu medali emas, tiga perak, dan tiga perunggu. Sedangkan posisi ketiga ditempati Provinsi Banten yang membukukan delapan medali, terdiri dari satu emas, satu perak, dan enam perunggu.

Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Direktoran Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Khamim mengatakan, OSN bertujuan agar anak-anak secara matang mampu terus berupaya untuk menjadi yang terbaik, sehingga mereka bukan hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga mempunyai karakter yang baik dan akhlak yang mulia.

"Dengan begitu, sesuai amanat Presiden, maka siswa Sekolah Dasar perlu ditanamkan pendidikan karakter, karena pada saat inilah waktu yang sangat menentukan bagi anak-anak untuk selanjutnya melanjutkan pendidikan di jenjang berikutnya," kata Khamim pada Senin (8/7) di Jakarta.

Dilanjutkan Khamim, penyelenggaraan OSN 2019 dinilai strategis, mengingat tahun ini merupakan tahun terakhir dari pembabakan pembangunan pendidikan nasional. Tema yang diangkat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang ketiga yaitu peningkatan daya saing regional.

"Artinya hasil kompetisi yang anak-anak ikuti nanti akan mampu menumbuhkan budaya semangat belajar. Selain itu, bagi bapak ibu guru juga akan tumbuh semangat bagaimana agar bisa menyajikan proses pembelajaran yang berkualitas di ruang kelasnya, berinovasi, menjawab tantangan-tantangan yang kemarin sudah dilalui oleh anak-anak kita," imbuh dia.

Khamim juga mengingatkan kepada para kepala daerah agar memaksimalkan APBD bagi sektor pendidikan. Diharapkan investasi di bidang pendidikan tersebut dapat tercermin dari hasil putra-putri daerah di OSN selanjutnya.

"Silakan memaksimalkan penggunaaan dana APBD sehingga nanti siapa yang cepat mengintervensi bisa kita lihat hasilnya melalui putra-putrinya dalam olimpiade berikutnya," ujar Khamim.

OSN juga mengumumkan penerima piala “The Best Overall” dalam bidang IPA yaitu Arkan Daffa Arjakumara, siswa SDN 4 Penganjuran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sedangkan penerima piala “The Best Overall” dalam bidang Matematika yaitu Chrysander Immanuel Ambrose Setiawan, siswa SDK 6 Penabur, Jakarta.

Seluruh peraih medali emas, perak dan perunggu juga menerima hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp4.000.000 (medali emas), Rp3.000.000 (medali perak), serta Rp2.000.000 (medali perunggu).

KEYWORD :

OSN 2019 DKI Jakarta Kemdikbud




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :