Kamis, 25/04/2024 20:07 WIB

Kapal Tankernya Disita, Iran Panggil Duta Besar Inggris

Duta Besar Inggris untuk Teheran dipanggil ke kementerian setelah kapal tanker minyak Iran ditahan angkatan laut Inggris di Selat Gibraltar.

Pelabuhan Fujairah terletak 140 km dari Selat Hormuz, yang menjadi fokus ketegangan Iran-AS (Foto Ilustrasi: Hamad Mohammed / Reuters)

Teheran, Jurnas.com - Kementerian Luar Negeri Iran memanggil Duta Besar Inggris, Rob Macaire setelah marinir Inggris menyita kapal tanker Iran saat sedang berlayar di perairan Gibraltar.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Musawi mengatakan, Duta Besar Inggris untuk Teheran dipanggil ke kementerian setelah kapal tanker minyak Iran ditahan angkatan laut Inggris di Selat Gibraltar.

"Tanker minyak Iran di Gibraltar ditahan secara ilegal oleh pasukan Inggris," ungkap Musawi, dilansir dari Anadolu.

Presiden Pemerintah Otonomi Gibraltar, Fabian Picardo, mengatakan pihak keamanan dan petugas pelabuhan Gibraltar mencegat sebuah kapal tanker yang mengangkut minyak mentah ke Suriah.

Picardo mengungkapkan kapal tanker bernama "Grace 1" dihadang karena melanggar embargo yang dikenakan oleh Uni Eropa terhadap Suriah.

Uni Eropa menjatuhkan sanksi terhadap Suriah pada akhir 2011 dan juga memperpanjang sanksi terhadap negara tersebut termasuk embargo minyak hingga 1 Juni 2020 mendatang.

KEYWORD :

Kapal Tanker Iran Inggris Uni Eropa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :