Jum'at, 19/04/2024 09:55 WIB

China Minta Asing Tak Ikut Campur Soal Hong Kong

China menegaskan agar negara asing tidak campur tangan dalam menyikapi protes di Hong Kong, sebab itu merupakan urusan dalam negeri China

Demonstran terlihat selama protes untuk menuntut pihak berwenang membatalkan RUU ekstradisi yang diusulkan, di Hong Kong, China, pada tanggal 28 April 2019. (Foto: Reuters)

Beijing, Jurnas.com - China menegaskan agar negara asing tidak campur tangan dalam menyikapi protes di Hong Kong, sebab itu merupakan urusan dalam negeri China

Demikian pernyataan ini disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri China, pada Selasa (2/7) kemarin, menyusul aksi protes yang meluas di Hong Kong.

Geng Shuang mengatakan tindakan kekerasan menyerbu Kompleks Dewan Legislatif (LegCo) di Wilayah Administrasi Khusus Hong Kong (HKSAR) pada Senin lalu, merupakan pelanggaran serius terhadap aturan hukum, dan membahayakan ketertiban sosial.

Dia mengatakan China sangat mengutuk tindakan kekerasan itu, dan dengan tegas mendukung pemerintah dan kepolisian Hong Kong untuk menangani insiden tersebut sesuai dengan hukum.

Geng menyebut bahwa Hong Kong merupakan wilayah administrasi khusus China. Karena itu, urusan Hong Kong murni urusan dalam negeri China.

"Kami menyatakan ketidakpuasan kami yang kuat dan oposisi yang tegas terhadap campur tangan negara-negara terkait dalam urusan Hong Kong," kata Geng dilansir dari People`s Daily.

Geng juga meminta negara-negara yang terkait untuk berbicara dan bertindak dengan hati-hati, tidak mengirim sinyal yang menyesatkan, dan tidak membuat langkah yang salah.

KEYWORD :

China Hong Kong




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :