Sabtu, 20/04/2024 02:22 WIB

Jepang Janji Bantu Saudi Atasi Ketergantungan Minyak

Abe Shinzo memuji upaya Arab Saudi untuk mengurangi ketergantungan negara tersebut pada minyak.

Shinzo Abe kembali terpilih jadi Perdana Menteri Jepang (Foto: Omohiro Ohsumi/Getty)

Osaka, Jurnas.com - Perdana Menteri (PM) Jepang Abe Shinzo memuji upaya Arab Saudi untuk mengurangi ketergantungan negara tersebut pada minyak.

Dia berjanji kepada Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman, Tokyo akan membantu kerajaan dengan rencana reformasi menyeluruh.

"Visi 2030 Arab Saudi adalah reformasi besar yang belum pernah terjadi sebelumnya yang bertujuan mengalihkan ketergantungan pada minyak dan diversifikasi industri, di bawah inisiatif keagungan Anda," kata Abe usai pertemuan G20, di Osaka, Jepang pada Minggu (30/6).

"Jepang akan melanjutkan upaya maksimalnya oleh pemerintah dan sektor swasta untuk membantu mencapai keberhasilannya," lanjut dia.

Riyadh mengumumkan rencana reformasi pada tahun 2016, dengan merombak Dana Investasi Publik milik negara, meningkatkan kunjungan peziarah Muslim, hingga mendorong rakyat Saudi bermain olahraga.

Meskipun pembunuhan Oktober lalu terhadap jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di tangan agen Saudi, investor besar mendorong maju dengan kesepakatan dan menuangkan uang kembali ke pasar sahamnya serta proyek-proyek Visi 2030 yang bertujuan untuk mendiversifikasi ekonomi minyak top dunia, dan menciptakan lapangan kerja.

"Saudi ingin melakukan yang terbaik untuk melanjutkan kemitraan kuat kami dengan Jepang," tandas putra mahkota itu kepada Abe melalui seorang penerjemah.

KEYWORD :

Arab Saudi Jepang Minyak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :