Kamis, 25/04/2024 21:31 WIB

Uni Eropa Salurkan USD23 Juta untuk Pengungsi Palestina

 Donasi itu menambah USD93.1 juta yang sudah disalurkan Uni Eropa sebelumnya.

Seorang anak lelaki Palestina duduk di kursi dengan bendera kebangsaannya menyaksikan pihak berwenang Israel menghancurkan bangunan sekolah di desa Yatta, selatan kota Hebron, Tepi Barat. (Foto/ AFP). (Foto/ AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Eropa kembali menyalurkan dana sebesar USD23,8 juta ke Badan Bantuan dan Pekerjaan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).

Komisaris Uni Eropa untuk kebijakan lingkungan dan perluasan Eropa, Johannes Hahn, membuat pengumuman tersebut selama konferensi janji tahunan UNRWA yang berlangsung di New York, Rabu (26/6) waktu setempat.

UNRWA yang didirikan pada 1949 telah mengkucurkan bantuan kritis kepada para pengungsi Palestina di Jalur Gaza, Tepi Barat, Yordania, Lebanon, dan Suriah. Donasi itu menambah USD93.1 juta yang sudah disalurkan Uni Eropa sebelumnya.

Menurut Hahn, adalah penyedia layanan vital bagi jutaan pengungsi Palestina di wilayah tersebut.

"Kontribusi tambahan Uni Eropa untuk memastikan bahwa jutaan pengungsi Palestina terus mendapat manfaat dari layanan kesehatan dan pendidikan," kata Hahn dilansir dari Anadolu.

Menurut Uni Eropa, sejak 1971, kemitraan strategis antara Uni Eropa dan UNRWA didasarkan pada tujuan bersama untuk mendukung pembangunan manusia, kebutuhan kemanusiaan dan perlindungan bagi pengungsi Palestina, serta mempromosikan stabilitas di Timur Tengah.

Selama tiga tahun terakhir, total kontribusi Uni Eropa dan negara-negara anggotanya mencapai sekitar USD1,59 miliar. Tahun ini, Turki telah menyumbangkan USD10 juta ke UNRWA untuk mendanai proyek-proyek rekonstruksi di Palestina.

KEYWORD :

Palestina UNRWA Bantuan Uni Eropa Johannes Hahn




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :