Jum'at, 19/07/2019 09:21 WIB

Rusia Tolak Upaya AS dan Israel Kucilkan Iran

Rusia menolak upaya Amerika Serikat (AS) dan Israel untuk mengisolasi Iran, dan sebaliknya mendorong kedua negara untuk `mengendalikan` Teheran.

Bendera kebangsaan Iran (Foto: AFP)

Moskow, Jurnas.com - Rusia menolak upaya Amerika Serikat (AS) dan Israel untuk mengisolasi Iran, dan sebaliknya mendorong kedua negara untuk `mengendalikan` Teheran.

Demikian ini disampaikan oleh Penasihat Keamanan Nasional Rusia, Nikolai Patrushev, saat melakukan pertemuan tiga arah dengan Israel dan AS, pada Selasa (25/6) di Yerusalem.

Dia mengatakan upaya untuk mencitrakan Iran sebagai ancaman utama bagi keamanan regional, atau menyamakan negara tersebut dengan kelompok teroris internasional, tidak dapat diterima.

"Iran berkontribusi banyak memerangi terorisme, dan menstabilkan situasi di sana," kata Patrushev dilansir dari Associated Press.

Sebelumnya, Presiden Iran Hassan Rouhani menyebut sanksi terbaru dari AS yang menargetkan Pemimpin Tertinggi Ayatullah Khamenei, merupakan tindakan yang bodoh. Dia mengatakan, keputusan itu berarti kegagalan dari Gedung Putih.

Rouhani juga mengkritik sanksi AS yang dijatuhkan kepada Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif.

"Anda memberi sanksi kepada menteri luar negeri secara bersamaan dengan permintaan untuk mengadakan pembicaraan?" tanya Rouhani.

TAGS : Amerika Serikat Iran Rusia




TERPOPULER :