Rabu, 17/04/2024 05:08 WIB

Bahas Kepemudaan Global, Menteri Pemuda se-Dunia Bertemu di Portugal

Menteri Pemuda se-Dunia Bertemu di Portugal mewakili Indonesia untuk menjadi delegasi Pertemuan Menteri Pemuda se-Dunia yang dilaksanakan di Lisbon Portugal, 21 - 24 Juni 2019.

Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh menegaskan, pertemuan ini sangat strategis dalam rangka membangun harmoni dan kesepahaman di kalangan pengambil kebijakan di bidang kepemudaan.

Lisbon, Jurnas.com - Bahas Kepemudaan Global, Menteri Pemuda se-Dunia Bertemu di Portugal mewakili Indonesia untuk menjadi delegasi Pertemuan Menteri Pemuda se-Dunia yang dilaksanakan di Lisbon Portugal, 21 - 24 Juni 2019. Acara World Conference  of Ministers Responsible for Youth  dan Youth Forum 2019 ini dibuka secara resmi oleh Presiden Portugal Marcelo Robelo de Sousa,  Sabtu (22/6/2019) di Gedung Altice Arena , Lisboa , Portugal.

Presiden Portugal dalam sambutannya menyampaikan perlunya youth policy dibuat secara komprehensif dengan melihat perubahan yang telah terjadi pada dunia, khususnya seiring perkembangan teknologi digital yang sangat cepat.

Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh menegaskan, pertemuan ini sangat strategis dalam rangka membangun harmoni dan kesepahaman di kalangan pengambil kebijakan di bidang kepemudaan.

"Salah satu tantangan global adalah tentang dehumanisasi,  bisa karena kesalahan dalam merespons peekembangan teknologi,  bisa karena faktor superioritas antar satu kelompok atas kelompok lain yang melahirkan dominasi,  intoleransi,  radikalisme, dan kekerasan. Di sinilah pentingnya membangun kesepahaman dan komitmen pembangunan peradaban kaum muda,  yang terbuka,  toleran,  dan menghargai kemanusiaan", ujar Niam.

Lebih lanjut dijelaskan,  21 tahun lalu, 1998 lalu,  disepakati Deklarasi Lisboa yang berisi resolusi kepemudaan dunia.   Saat ini setelah 21 tahun berlangsung lagi conference in dengan membahas isu-isu dunia terutama SDG`s dengan meningkatkan keterlibatan Pemuda.

Di antara isu yang dibahas dalam pertemuan ini adalah :

1. komitmen partisipasi kepemudaan dalam pembangunan global saat ini.

2. transisi skill pemuda dan pekerjaan (Youth transition skill and decent work)

3. Inovasi dan transformasi digital dan pemanfaatannya untuk peradaban

4. Isu soal populasi dan pembangunan

5. komitmen untuk menyusun Youth Policy dan programme

6.  Human and youth right.

7. Governance and participation

8. Sustainable development

9. Deklarasi Lisboa+21.

Konferensi ini dihadiri oleh 103 negara, 31 Menteri yanng membidangi kepemudaan. Hadir memberikan sambutan,  Presiden Majelis Umum PBB Maria Fernanda Espinosa Garces,  Duta Sekjen PBB untuk Urusan Kepemudaan Jayathma Wicramanayake, dan Menteri Pendidikan Portugal Tiago Brando Rodrigues.

Sebelumnya,  Deputi Pengembangan Pemuda bertemu dengan Duber RI di Portugal Ibnu Wahyutomo.  Dalam pertemuan tersebut disepakati upaya tindak lanjut MoU antara RI dengan Portugal,  khususnya terkait dengan kerja sama saling menguntungkan dalam pengembangan Kepemudaan.

KEYWORD :

Kepemudaan Global Asrorun Niam Sholeh Lisbon




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :