Minggu, 21/07/2019 09:18 WIB

Senator DPD: Kehadiran Kementan Bantu Korban Bencana jangan Dikaitkan Politik

Amran bahkan mengeluarkan dana pribadinya untuk membantu petani terdampak.

Gerak cepat Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran dalam menanggulangi dan memberikan bantuan kepada petani yang terkena dampak becana alam banjir di tujuh kabupaten Sulawesi Selatan, yakni Soppeng, Sidrap, Wajo, Pinrang, Bone, Enrekang dan Luwu.

Jakarta, Jurnas.com - Kehadiran Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman di setiap bencana yang terjadi di Indonesia, baik musibah banjir maupun kekeringan beberapa tahun terakhir jangan dikaitkan dengan politik.

Begitu kata Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Parlindungan Purba, saat ditemui di Jakarta, Sabtu (22/6).

Parlindungan menjelaskan bahwa perhatian Amran terhadap setiap bencana adalah wujud kecintaannya kepada para petani di seluruh Indonesia.

"Ia (Amran) tak ingin para petani yang sudah mengharapkan panen, ujungnya hanya tinggal angan-angan," ujarnya.

Dalam beberapa tahun belakangan, Amran sangar aktif menggalang dan membawa bantuan secara langsung dan cepat saat saat bencana, bahkan mengeluarkan dana pribadinya untuk membantu petani terdampak. Tak tanggung-tanggung, jumlah bantuan bahkan nilainya cukup besar.

Bentuk bantuan beragam, antara lain berupa benih, bibit, alsintan dan sejumlah uang hasil sumbangan pegawai dan kemitraan Kementerian Pertanian (Kementan) senilai Rp12,5 miliar.

"Bukan sekali saja ini penggalangan dan bantuan sumbangan bencana dilakukan Menteri Amran ini. Sikap Kepedulian Amran atas bencana seyogyanya menjadi contoh," ujar Parlindungan.

Parlindungan menyampaikan bahwa sikap dermawan dari Putra Bone, Sulawesi Selatan ini seharusnya menjadi teladan bagi setiap instansi pemerintah.

"Beliau selalu hadir saat ada terjadi bencana. Jadi jangan dikaitkan dengan hal-hal lain, apalagi ke politik. Ini urusan kemanusian, semua pihak mempunyai hak dan kewajiban membantu sesama dalam kesulitan," ungkap Parlindungan.

Pemulihan sektor pertanian di lokasi bencana harus menjadi perhatian, apalagi misalnya lokasi Konawe adalah lokasi lumbung pangan untuk Sulawesi Tenggara.

"Wajarlah jika Amran sangat sigap terhadap kondisi pertanian dengan gerak cepat langsung terjun ke lokasi dan melihat langsung kondisi pertanian yang tergenang," tegasnya.

TAGS : Senator DPD Bantuan Bencana Andi Amran Sulaiman




TERPOPULER :