Kamis, 25/04/2024 07:31 WIB

Xi Jinping Bertemu Kim Jong Un di Pyongyang

Presiden China, Xi Jinping bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Presiden China, Xi Jinping bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di ibukota Korea Utara Pyongyang. (Foto: AFP)

Pyongyang, Jurnas.com - Presiden China, Xi Jinping bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tak lama setelah tiba di ibukota Korea Utara Pyongyang dalam kunjungan resmi.

Media China, mengatakan Xi disambut Kim Jong un dan pejabat tinggi lainnya pada saat kedatangannya di ibukota Korea Utara pada Kamis (20/6).

Ini adalah kunjungan pertama pemimpin Tiongkok ke Korea Utara dalam 14 tahun.

Presiden China didampingi delegasi pejabat senior dan pembantu utama, termasuk Menteri Luar Negeri Wang Yi dan diplomat Yang Jiechi serta penasihat ekonomi He Lifeng.

Selama kunjungan dua hari, Xi dan Kim Jong un dilaporkan akan membahas program nuklir Pyongyang, meningkatkan kerja sama ekonomi, dan peningkatan hubungan bilateral.

Kedua pemimpin sudag bertemu empat kali, di China, selama beberapa tahun terakhir.

Pyongyang memuji kunjungan itu sebagai tanda persahabatan antara kedua tetangga dan sekutu lama.

Dalam sebuah opini yang dipublikasikan pada Rabu di surat kabar pemerintah Korea Utara, Rodong Sinmun, Xi berharap menggunakan kunjungan itu untuk mengukir babak baru persahabatan tradisional antara kedua negara.

Memperhatikan 2019 menandai peringatan ke-70 pembentukan hubungan diplomatik bilateral antara China dan Korea Utara, pemimpin Tiongkok itu mengatakan, Beijing siap untuk bergandengan tangan dengan Pyongyang bekerja sama demi terwujudnya perdamaian dan stabilitas abadi di kawasan itu.

"Kami senang melihat keputusan Ketua Kim Jong un yang benar dan upaya bersama dari semua pihak terkait, tren umum dialog damai di Semenanjung Korea telah terbentuk, dan penyelesaian politik untuk masalah Semenanjung melihat peluang sejarah yang langka, yang telah diakui secara universal dan diantisipasi oleh komunitas internasional," kata Xi.

Tiongkok akan secara aktif berkontribusi pada perdamaian regional, stabilitas, pembangunan, dan kemakmuran dengan memperkuat komunikasi dan koordinasi dengan DPRK dan pihak-pihak terkait untuk bersama-sama mendorong kemajuan dalam pembicaraan dan negosiasi tentang masalah ini," tambahnya, menggunakan akronim untuk nama resmi Korut. .

Kunjungan Xi ke Pyongyang dilakukan satu minggu sebelum pertemuan puncak Kelompok 20, yang dikenal sebagai G20, di Jepang, di mana ia diharapkan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump.

Trump sendiri dua kali bertemu dengan Kim Jong un. Pertemuan kedua mereka secara efektif gagal, dan pembicaraan di tingkat yang lebih rendah sejak itu terhenti juga.

Washington telah memberlakukan putaran sanksi sepihak dan mempelopori yang multilateral terhadap Pyongyang sejak 2006 atas program nuklir dan misilnya.

KEYWORD :

China Korea Utara Xi Jinping Kim Jong un




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :