Jum'at, 19/04/2024 05:32 WIB

Tak Sepaham Trump Alasan Patrick Shanahan Tinggalkan Gedung Putih?

Insiden 2011 yang melibatkan putra Shanahan memukuli ibunya dengan tongkat baseball dan mematahkan tengkoraknya sebelumnya dikutip sebagai alasan mengakhiri jabatanya secara dini.

Presiden AS Donald Trump dan calon Menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Presiden Donald Trump mengumumkan di akun Twitternya bahwa Sekretaris Pertahanan Amerika Serikat (AS), Patrick Shanahan mengundurkan diri. Alasannya  karena ingin lebih banyak bersama keluarganya.

"Penjabat Sekretaris Pertahanan Patrick Shanahan, yang telah melakukan pekerjaan yang luar biasa, memutuskan untuk tidak melanjutkan proses tugas pemerintahan sehingga ia dapat waktu luang bersama keluarganya," cuit Trump, Selasa (18/6).

Menurut Trump, insiden pada 2011 yang melibatkan putra Shanahan memukuli ibunya dengan tongkat baseball dan mematahkan tengkoraknya menjadi alasan pria 56 tahun itu mengakhiri jabatanya secara dini.

Pengumuman itu datang pada saat AS meningkatkan ketegangan di Timur Tengah dengan meningkatkan ancaman terhadap Iran, termasuk mengirimkan 1.000 tentara tambahan ke Timur Tengah pada Selasa (18/6).

Saat ini, Biro Investigasi Federal (FBI) juga sudah melakukan investigasi terhadap Shanahan dan tuduhan penyerangan mantan istrinya pada 2010.

"Sangat disayangkan bahwa situasi keluarga yang menyakitkan dan sangat pribadi sejak dulu dikeruk dan dicat dengan cara yang tidak lengkap dan karena itu menyesatkan," kata Shanahan. 

"Saya tidak ingin anak-anakku menghidupkan kembali bab traumatis dalam kehidupan keluarga kami dan membuka kembali luka-luka yang telah kami upayakan untuk sembuh," sambungnya.

"Aku akan menyambut kesempatan untuk menjadi menteri pertahanan, tetapi tidak dengan mengorbankan menjadi ayah yang baik," tegas Shanahan.

Trump juga menyampaikan ucapan terimah kasih kepada Shanahan atas jasa-jasanya selam di bawah pemerintahakannya. Ia juga mengumkan  Sekretaris Angkatan Darat, Mark Esper, sebagai Sekretaris Pertahanan yang baru.

"Saya berterima kasih kepada Pat atas layanannya yang luar biasa dan akan menunjuk Sekretaris Angkatan Darat, Mark Esper, untuk menjadi Penjabat Sekretaris Pertahanan yang baru. Saya kenal Mark, dan tidak ragu dia akan melakukan pekerjaan yang fantastis," kata Trump.

KEYWORD :

Amerika Serikat Patrick Shanahan Timur Tengah Iran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :