Selasa, 16/07/2019 03:25 WIB

Israel Bakal Buka Zona Penangkapan Ikan untuk Nelayan Palestina

Israel akan membuka kembali zona penangkapan ikan di lepas pantai Gaza hingga 10 mil laut

Ilustrasi nelayan Palestina

Jakarta, Jurnas.com - Israel akan membuka kembali zona penangkapan ikan di lepas pantai Gaza hingga 10 mil laut setelah menutup seluruh jalur air bagi para nelayan Palestina.

Militer Israel telah menutup perairan di luar wilayah yang diblokade sebagai tanggapan atas balon-balon yang oleh Palestina dilekatkan dengan kain perca dan kemudian terbang ke wilayah Israel. Itu adalah langkah langka karena Israel biasanya membatasi zona tetapi tidak pernah sepenuhnya menutup.

Balon yang menyala telah menyebabkan tanah pertanian Israel terbakar. Israel mengutuk balon itu sebagai penyebab kerusakan senilai jutaan dolar sementara Palestina mengatakan itu adalah metode lain yang mereka gunakan untuk memprotes blokade 12 tahun yang telah meninggalkan wilayah itu di ambang kehancuran.

Dilansir The Nation, langkah itu dilakukan setelah putaran baru uang Qatar memasuki daerah kantong pantai pada Minggu, disampaikan oleh delegasi yang dipimpin oleh utusan Doha ke daerah kantong Mohammed Al Emadi.

Delegasi teknis Qatar juga mengadakan pembicaraan di Israel dan Jalur Gaza minggu ini tentang membantu membayar usulan saluran listrik baru di antara mereka, kata para pejabat di kedua belah pihak pada hari Selasa, menandai potensi perluasan upaya bantuan Doha untuk Palestina.

Qatar dalam beberapa tahun terakhir menyalurkan ratusan juta dolar ke proyek-proyek bantuan di Gaza yang dikuasai Hamas, yang dipandangnya membantu mencegah privasi dan pertempuran dengan Israel. Beberapa warga Palestina telah meronta-ronta pada pembayaran Qatar dengan imbalan ketenangan, dan penyaluran uang dan kekuasaan melalui Israel.

Intervensi ini disetujui oleh Israel tetapi sebagian besar tidak diakui oleh Perdana Menteri kanan Benjamin Netanyahu, yang telah memundurkan Doha karena hubungannya dengan Iran dan kelompok-kelompok Islam seperti Hamas.

Memelopori upaya Qatar telah menjadi utusan Al Emadi, yang pejabat Palestina mengatakan minggu ini membawa $ 10 juta ke Gaza, melalui Israel, untuk disalurkan kepada orang miskin.

Itu adalah suntikan uang tunai Qatar yang ketiga dalam tiga bulan, kata para pejabat, yang meminta anonimitas. Tapi kali ini Al-Emadi didampingi oleh ahli listrik dan air Qatar.

Mereka bertemu dengan Israel Electric Corporation di Tel Aviv pada hari Minggu, dan di Gaza dengan pejabat energi pada hari Senin, untuk membahas tawaran Qatar untuk membayar penyelesaian saluran listrik baru Gaza, kata pejabat Israel dan Palestina.

Netanyahu mencalonkan diri untuk pemilihan ulang pada September setelah gagal mengumpulkan koalisi konservatif baru setelah maju dalam pemungutan suara April - sebagian karena tuduhan sayap kanan bahwa dia belum cukup tangguh pada Hamas.

TAGS : Israel Penangkapan Ikan Gaza




TERPOPULER :