Rabu, 24/07/2019 13:59 WIB

Presiden Jokowi Ikut Meriahkan Pesta Kesenian Bali

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana menghadiri pawai pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 tahun 2019, di depan Monumen Bajra Sandi, Lapangan Puputan Niti Mandala, Renon, Kota Denpasar, Sabtu (15/6).

Presiden Jokowi didampingi Gubernur Bali Wayan Koster saat membuka Pesta Kesenian Bali (PKB), Sabtu (15/6)

Denpasar, Jurnas.com - Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana menghadiri pawai pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 tahun 2019, di depan Monumen Bajra Sandi, Lapangan Puputan Niti Mandala, Renon, Kota Denpasar, Sabtu (15/6).

Presiden Jokowi yang memakai baju adat Bali berwarna coklat, dipadukan dengan udeng, saput dan kamen berwarna ungu serta Ibu Negara Iriana yang mengenakan kebaya khas Bali berwarna oranye, langsung menuju panggung utama.

Dalam acara tersebut, Presiden tidak hanya melepas peserta pawai, tapi juga turut serta menjadi peserta pawai. Sementara itu, tema dari PKB ke-41 adalah Bayu Pramana (Memuliakan Sumber Daya Angin).

Pawai berlangsung sangat meriah. Apalagi, acara tersebut dihadiri Presiden Jokowi. Suasana makin seru saat Presiden beberapa kali dalam sambutan berbicara dalam bahasa Bali. Ribuan orang antusias hadir di PKB. Pesta Kesenian Bali akan berlangsung hingga 13 Juli 2019.

"Dengan memohon Waranugraha Ida Sang Hyang Widhi Wasa, siang ini saya membuka dan melepas Pawai Pesta Kesenian Bali ke 41 tahun 2019," kata Presiden Jokowi saat membuka pawai PKB ke-41 di Monumen Perjuangan Rakyat Bali Niti Mandala Reno Kota Denpasar, Bali, Sabtu (15/6).

Setelah itu presiden memukul kulkul tanda dimulainya PKB ke-41 dan menyaksikan Tari Siswa Nataraja diiringi Gamelan Ketug Bumi yang dipersembahkan oleh ISI Denpasar.

Kemudian berturut-turut, peserta pawai memulai rangkaiannya. Beragam kesenian dari daerah Bali ditampilkan, mulai dari Kabupaten Bangli, Kabupaten Badung, Kabupaten Karangasem, Kota Denpasar, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Klungkung, dan Kabupaten Gianyar.

Selain peserta dari kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Bali, pawai juga diikuti oleh peserta dari luar daerah dan luar negeri. Tampak ikut berpawai penampilan kesenian tari Ga Guang dari Kota Kunming, Provinsi Yunnan, Republik Rakyat Tiongkok; Isosolo dari ISBI Tanah Papua; dan Musik Tong-Tong dari Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.

Setelah penampilan kesenian dari Kabupaten Gianyar, Presiden dan Ibu Iriana bersama Gubernur Bali I Wayan Koster dan Ibu Ni Putu Putri Suastini menaiki mobil hias untuk mengikuti pawai sekaligus menyapa masyarakat yang memenuhi rute pawai.

Gubernur Bali, Wayan Kosterm, mengatakan kehadiran Presiden Jokowi di Bali dan event tersebut menjadi kehormatan.

“Menjadi kehormatan bagi kami mendapat kunjungan Presiden Jokowi. Event Pesta Kesenian Bali ini sangat penting. Sebab, menjadi wahana pelestarian budaya Bali yang merupakan warisan leluhur. Kami juga gembira karena peserta event ini antusias, termasuk dari mancanegara,” kata Gubrenur Koster.

Pesta Kesenian Bali menawarkan format workshop, pamerah, dan sarasehan. Total ada 220 pagelaran. Selain dari kabupaten/kota di Bali, peserta juga datang dari 10 daerah di nusantara. Beberapa daerah itu adalah, Papua, Jakarta, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Utara, juga Lampung.

Ketua Tim Pelaksana CoE Esthy Reko Astuty menjelaskan, event sangat meriah. Selain dihadiri Presiden Jokowi, sejumlah daerah dan negara turut serta memeriahkan PKB tersebut.

"Kemeriahan sangat terasa. Pesta Kesenian Bali memang event besar. Selalu menarik perhatian publik. Wisman dan wisnus membaur menjadi satu menikmati bebagai parade budaya Bali yang adiluhung. Kami tentu gembira karena Presiden Jokowi hadir di sini dan memberikan dukungannya langsung. Hal ini akan semakin menggairahkan pariwisata Bali,” jelas Esthy.

Digelar hampir sebulan, PKB menjadi panggung budaya. Berbagai latar dan warna budaya lokal hingga dunia ditampilkan di sini. Tercatat 5 negara ambil bagian dalam event ini. Seperti Amerika Serikat, Tiongkok, dan Singapura.

TAGS : Info Bali Gubernur Bali Wayan Koster




TERPOPULER :