Kamis, 25/04/2024 17:29 WIB

Putin: Hubungan Rusia dan AS Makin Buruk

Menurut Putin, ikatan Rusia-AS tegang oleh konflik Suriah hingga Ukraina, serta tudingan keterlibatan Rusia dalam pemilu AS.

Trump dan Putin berjabat tangan di puncak KTT APEC (Sputnik/Mikhail Klimentyev/Kremlin via Reuters)

Moskow, Jurnas.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan hubungan negaranya dengan Amerika Serikat (AS) semakin buruk, menyusul puluhan sanksi yang dijatuhkan Washington terhadap Moskow.

Menurut Putin, ikatan Rusia-AS tegang oleh konflik Suriah hingga Ukraina, serta tudingan keterlibatan Rusia dalam pemilu AS.

"Hubungan kami sedang menurun, bahkan semakin memburuk," kata Putin jelang KTT G20 di Jepang akhir bulan ini, pada Kamis (13/6) dilansir dari Reuters.

"Menurut saya, pemerintahan saat ini telah menyetujui lusinan keputusan tentang sanksi terhadap Rusia, dalam beberapa tahun terakhir," tambah Putin.

Pernyataan pemimpin Rusia soal Washington bertolak belakang dengan China, di mana kedua negara sedang menjalin persahabatan strategis yang membuat AS khawatir.

Sementara dalam kesempatan lain, Trump menyebut akan bertemu dengan Putin di Jepang, namun Kremlin mengatakan sehari sebelumnya bahwa ide untuk pertemuan itu "menggantung di udara" dan bahwa belum ada diskusi mengenai hal spesifik.

Putin, yang telah berbicara mendukung China dalam perang dagangnya yang berkembang dengan Amerika Serikat, mengatakan dalam wawancara yang sama bahwa ia berharap hubungan yang lebih lancar dengan Washington meskipun lintasan hubungan mereka saat ini.

"Kami sangat berharap bahwa akal sehat akan menang pada akhirnya," ujar Putin.

KEYWORD :

Rusia Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :