Kamis, 18/04/2024 09:23 WIB

Mudik ke Lampung, Kunjungi Lima Destinasi Istimewa Ini

Sebelum Anda dan keluarga kembali ke Jakarta, jangan lupa habiskan waktu hari ini dengan mengunjungi lima destinasi unggulan di Lampung ini. 

Pulau Pahawang menjadi daya tarik wisata di Lampung (Foto: Explore Wisata)

Jakarta, Jurnas.com - Kota yang terkenal dengan sekolah gajah ini memiliki destinasi wisata yang wajib dikunjungi bersama orang tersayang atau keluarga. Selain gajah, kota yang kini kian membenahi kepariwisataanya, Lampung juga dikenal dengan keindahan-keindahan pantainya.

Destinasi di kota terpadat ketiga di Pulau Sumatera ini juga, buat kamu yang ingin berlibur bersama keluarga banyak pilihan. Berikut rekomendasi tempat wisata keluarga di Lampung :

1. Pulau Tangkil

Objek wisata satu ini bisa menjadi pilihan untuk wisata pantai dengan ragam olah raga air atau wahana air yang rekreasi. Selain itu, objek wisata yang ada di Telik Lampung ini juga menyediakan arena bertualang untuk keluarga dengan ongkos terjangkau, lho. Mulai dari banana boat, ikan terbang, snorkeling, kano, jetski, glass bottom boat hingga parasailing yang satu-satunya dan pertama di Lampung.

Satu-satunya di Lampung, parasailing menjadi primadona sekaligus jagoan tempat wisata ini. Menikmati keindahan Pulau Tangkil dari ketinggian dengan menggunakan parasailing selain mengatasi adrenalin, membuat pengunjung akan mengerti bagaimana tidak perlu ke Bali untuk menikmati keindahan pantai.

Buat kamu yang ingin melancong ke sini bersama keluarga, terlabih dahulu harus pindah kawasan Pantai Mutun, di Kabupaten Pesawaran. Karena lokasi pulau ini selalu berhadap-hadapan dengan Pantai Mutun. Namun Anda tidak perlu khawatir, meskipun berada di kabupaten, Pulau Tangkil dan Pantai Mutun relatif dekat dengan Bandar Lampung, hanya 30 menit. Jarak tempuh dari Mutun ke Pulau Tangkil hanya sekitar 10 menit.

Buat kamu yang sudah datang dan hanya menikmati pantai dengan melihat dan berteduh di pondokan bisa menyesal setelah pulang. Pasalnya air biru yang jernih dengan angin pantai yang semilir khas pantai begitu mudah untuk mencumbu indahnya pantai. Kondisi pantai di sini tergolong bersih. Airnya sangat jernih, dengan visibilitas yang terbilang sempurna. Pasir pantai yang putih pun minim dari sampah yang bertebaran.

2. Pulau Pahawang

Pulau ini merupakan pulau di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan. Pulau Pahawang ini terbagi menjadi dua yaitu Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Di Pulau Pahawang Besar, pemukiman penduduk bisa terbilang lebih banyak dari Pulau Pahawang Kecil yang hanya ada satu Cottage milik warga asing yang ditempati. Pulau Pahawang Kecil dapat ditempuh kurang lebih sekitar sepuluh menit dari Pulau Pahawang Besar.

Pulau Pahawang ini merupakan salah satu pulau terindah di Indonesia, lho. Sayangnya, pulau ini belum banyak dikunjungi wisatawan. Sementara tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bandar Lampung, cukup satu hingga dua jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Keindahan bawah laut menjadi destinasi yang bagus di pulau ini. Buat kamu dan keluarga yang hobi snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut, Pulau Pahawang adalah destinasi wisata yang sangat tepat. Selain melihat alam bawah laut, pantai di Pulau Pahawang juga sangat indah dengan hamparan pasir putih dan pemandangan alam di sekitar Pulau Pahawang bisa jadi objek fotografi.

Rute perjalanan pantai ini dari Kota Bandar Lampung, ikuti petunjuk jalan menuju Telukbetung atau Padang Cermin. Ada banyak jalan menuju Telukbetung atau Padang Cermin, cobalah berhenti sesekali untuk bertanya kepada penduduk lokal. Jika sudah mencapai Pelabuhan Perikanan, Anda bisa tenang karena jalan ke tempat tujuan tidak perlu lagi.

Terus mengikuti jalan, akan melewati beberapa tempat wisata lain di Lampung seperti Pantai Puri Gading, Pantai Duta Wisata, dan Pantai Mutun. Setelah sampai di Pasar Padang Cermin, ambil jalan ke kiri. Disini ada petunjuk Arah menuju Punduh Pidada / Teluk Ratai. Ikuti saja jalan sampai Anda menemukan Gerbang / Gapura bertuliskan Pantai Ratai / Teluk Ratai. Berhenti dan parkirkan kendaraan disini. Kemudian, harus naik perahu untuk bisa menuju Pulau Pahawang, maksimal 1 kapal boleh dinaiki hingga 12 orang. Setelah berlayar dengan kapal selama kurang lebih 30 menit, kamu akan sampai ke tempat tujuan kamu, Pulau Pahawang.

3. Pantai Pasir Putih

Destinasi lain yang bisa dinikmati di Lampung, yaitu wisata pantai yang berlokasi di Desa Tarahan, Lampung Selatan, yaitu Pantai Pasir Putih. Pantai ini hanya berjarak 20 kilometer dari kota Bandar Lampung. Pantai yang elok dan memukau mata ini bisa dilepas tanpa perlu payah atau dibutuhkan banyak. Perpaduan pasir yang putih dengan pepohonan yang melambai saat disisir angin laut dan udara biru yang membuat pantai ini bak lukisan. Kamu akan dibuat takjub dan terpana.

Di sini, bersama orang yang tercinta, kekasih atau keluarga, tepat sekali. Menghabiskan waktu untuk menghabiskan tiduran, berjalan-jalan menyusuri pantai atau menjadi objek foto pun membuat kamu bisa lebih menyegarkan menghabiskan liburan. Bagi pecinta olahraga air, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini. Beberapa kegiatan yang menarik seperti berenang, kano dan berpetualang dengan perahu nelayan bisa dilakukan.

Bahkan, jauh dari pantai ini, kamu bisa bereskplorasi ke pulau kecil seperti Pulau Condong. Menuju pulau ini kamu bisa menyewa perahu atau perahu nelayan lokal. Sungguh kamu bisa menyaksikan keramba yang dipasang para nelayan.

4. Pantai Mutun

Pantai dengan pasirnya yang bersih memang Lampung salah satu juaranya. Seperti diskusi di Pantai Mutun ini. Pantai yang terletak di Kecamatan Padang Cermin, kabupaten Pasawaran, Lampung. Ini tepat untuk wisata keluarga. Tempatnya yang tidak jauh dari kota Bandar lampung, yaitu hanya 45 menit.

Selama 45 menit itu, kamu pasti tidak akan merasa bosan, pasalnya akan disuguhi pemandangan pinggir pantai di sebelah kiri dan juga bukit-bukit serta gunung kapur di sebelah kanan. Setelah sampai di gang dengan bertuliskan Pantai Mutun, pertama-tama kamu akan melewati kebun dengan pohon dan rerumputan yang tinggi, Setelah itu sampailah kamu baru di Pantai Mutun tersebut.

Pantai Mutun memiliki ombak yang tenang dan tidak berbahaya, ada banyak fasilitas yang tersedia seperti, perahu pisang, perahu donat, jetski, dan waterboom. Perbedaan waterboom di sini, terbagi dua, asin udara dan tawar. Waarterboomnya juga terletak di tengah pantai. Sensasinya akan langsung terjun ke laut setelah meluncur dari waterboom ini. Waterboom ini aman dari batu karang.

5. Teluk Kiluan

Wisata alam Pulau / Teluk Kiluan terletak di Pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Liburan di sini bersama keluarga sangat direkomendasikan. Apalagi kamu juga suka berpetualang. pasalnya topografinya yang berbukit dan berlembah menarik untuk dijelajahi. Pantai di Teluk Kiluan yang cocok untuk dijadikan "Tempat Tujuan". Sudah banyak penginapan atau rumah panggung yang layak dijadikan tempat menginap selama berlibur.

Di pulau ini, kamu bersama keluarga dapat melihat kumpulan Lumba-Lumba yang mengumpulkan kumpulan ekor. Lumba-Lumba di perairan ini, spesies pertama adalah Lumba-Lumba Hidung Botol (Tursiops Truncatus) dengan badan yang lebih besar dan pemalu. Spesies yang kedua adalah Lumba-Lumba Paruh Panjang (Stenella Longirostris) yang bertubuh lebih kecil dan lebih baik. Konon, kumpulan Lumba-Lumba di Teluk Kiluan adalah yang terbesar di Asia. Bahkan, di Dunia.

Lumba-Lumba di Habitat yang disponsori dapat disponsori oleh Perahu Katir. Jika beruntung, dapat juga bisa menyaksikan Penyu Hijau, yang naik turun ke permukaan Laut. Waktu untuk melihat para lumba-lumba itu di pagi hari dari pukul 06.00 - 10.00. Selain itu, bisa juga menikmati pantai dan menikmati pulau dengan perahu Ketir menikmati pemandangan pulau yang elok.

KEYWORD :

Wisata Lampung Libur Lebaran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :