Sabtu, 20/04/2024 20:33 WIB

Rusia-China Menentang Intervensi Militer AS di Venezuela

Rusia dan China, di antara negara-negara lain, mendukung Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan pemerintahannya yang terpilih secara demokratis.

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan mitranya dari Tiongkok, Xi Jinping, tiba untuk pesta di Teater Bolshoi di Moskow, Rusia, pada 5 Juni 2019. (Foto oleh AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Rusia dan China menyatakan menentang intervensi militer di Venezuela, menyerukan "dialog politik inklusif" antara pihak-pihak yang bertikai dan kepatuhan mereka pada prinsip-prinsip hukum internasional untuk menyelesaikan krisis politik di negara Amerika Latin tersebut.

Ekspresi sikap datang dalam pernyataan bersama oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dan mitranya dari Tiongkok, Xi Jinping, setelah kesimpulan pembicaraan mereka di Moskow pada Rabu (05/06) waktu setempat.

"Moskow dan Beijing bertujuan untuk memantau perkembangan situasi di Venezuela, memanggil semua pihak untuk mematuhi Piagam PBB, norma-norma hukum internasional dan hubungan antar-pemerintah, menghormati prinsip non-campur tangan dalam urusan internal negara-negara lain, serta membantu solusi damai dari masalah-masalah negara melalui dialog politik inklusif dan untuk menentang intervensi militer di Venezuela," kata pernyataan itu dilansir PressTV.

Venezuela telah berada dalam kekacauan politik dalam beberapa bulan terakhir. Situasi semakin memburuk ketika tokoh oposisi yang didukung Amerika Serikat Juan Guaido secara sepihak menyatakan dirinya presiden sementara negara itu pada Januari.

Rusia dan China, di antara negara-negara lain, mendukung Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan pemerintahannya yang terpilih secara demokratis.

AS menopang Guaido, mengakui proklamasinya sendiri, mendorong upayanya untuk menjatuhkan Maduro, termasuk melalui kudeta yang gagal baru-baru ini dan berulang kali menolak untuk mengesampingkan aksi militer terhadap pemerintah Venezuela.

Perwakilan dari pemerintah Venezuela dan oposisi, sementara itu, telah berusaha untuk menegosiasikan akhir yang damai untuk perbedaan mereka di Norwegia. Namun pembicaraan itu gagal sejauh ini.

Dalam perkembangan terpisah pada Rabu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dilaporkan memperingatkan selama pertemuan tertutup bahwa perpecahan di dalam oposisi Venezuela menghambat upaya untuk menggulingkan Maduro.

Menteri Luar Negeri AS juga menyalahkan kurangnya konsensus di antara musuh-musuh Maduro atas kegagalan upaya kudeta di Venezuela.

Pada 30 April, sekelompok kecil pasukan bersenjata yang menyertai Guaido bentrok dengan tentara di sebuah unjuk rasa anti-pemerintah di Caracas. Putsch yang dicoba segera mereda.

Maduro, yang menyebut Guaido boneka dari Washington, mengumumkan dalam pidato yang disiarkan televisi di kemudian hari bahwa kelompok personel militer yang mendukung Guaido telah dikalahkan, dan 25 tentara pemberontak telah mencari perlindungan di Kedutaan Besar Brasil di Caracas.

KEYWORD :

Militer AS Rusia China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :