Kamis, 25/04/2024 17:48 WIB

Kontroversi VAR Warnai Kemenangan Portugal

Awalnya wasit tidak memberikan hadiah penalti untuk Swiss, setelah Steven Zuber dijatuhkan oleh Nelson Semedo di dalam kotak penalti di menit ke-53.

Penggunaan teknologi VAR di dalam pertandingan sepak bola (foto; Google)

Porto, Jurnas.com - Untuk kali pertama video asisten wasit (VAR) digunakan dalam pengambilan keputusan pertandingan Liga Bangsa-Bangsa, pada Kamis (6/6) dini hari, ketika Portugal menang 3-1 atas Swiss.

Adalah wasit asal Jerman Felix Brych, awalnya dia tidak memberikan hadiah penalti untuk Swiss, setelah Steven Zuber dijatuhkan oleh Nelson Semedo di dalam kotak penalti di menit ke-53.

Namun sekitar 25 detik kemudian, Brych sempat hendak memberikan penalti untuk Portugal, usai Bernardo Silva dilanggar di kotak terlarang Swiss.

Para pemain Swiss pun sempat kesal dan memprotesnya agar memeriksa pelanggaran sebelumnya yang dilakukan oleh Semedo. Wasit kemudian memeriksa VAR.

Kontak antara Semedo dan Zuber ternyata terjadi tanpa sengaja. Namun Brych yang keluar dari ruang VAR memutuskan untuk menghadiahkan penalti kepada Swiss, yang selanjutnya dieksekusi oleh Ricardo Rodriguez di menit ke-57.

"Saya belum pernah melihat yang seperti itu. Itu agak aneh karena hukumannya tidak begitu jelas. Cara penanganannya tidak sepenuhnya jelas," kata pelatih Swiss Vladimir Petkovic.

Debut VAR di Piala Dunia tahun lalu, akhirnya digunakan oleh UEFA di Liga Champions dan kompetisi lainnya, namun belum pernah di turnamen negara-negara top yang diselenggarakannya.

"Tampaknya itu adalah penalti bagi kami, tetapi kemudian berakhir bagi mereka," kata pelatih Portugal Fernando Santos.

"Tampaknya itu seharusnya bukan hukuman bagi mereka. Aku akan membiarkan orang lain menganalisis apa yang terjadi," imbuh dia.

Brych juga terlibat dalam panggilan penalti yang kontroversial dalam pertandingan antara Swiss dan Serbia di Piala Dunia tahun lalu.

KEYWORD :

Portugal VAR Swiss Liga Bangsa-Bangsa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :