Kamis, 25/04/2024 05:55 WIB

Peristiwa Sejarah 03 Juni

Pada 3 Juni 1968, penulis dan aktor feminis radikal Valerie Solanas menembak artis Andy Warhol di studio The New York City-nya.

Pada 3 Juni 1968, penulis dan aktor feminis radikal Valerie Solanas menembak artis Andy Warhol di studio The New York City-nya.

Jurnas.com - Tanggal 03 Juni yang jatuh pada hari ke-154 (hari ke-155 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah, di antaranya:

1482 - Sri Baduga Maharaja dinobatkan sebagai Raja Pajajaran, selanjutnya diperingati sebagai hari jadi Kota Bogor, Jawa Barat.

1888 - Puisi bisbol komik "Casey at the Bat" diterbitkan dalam edisi Minggu San Francisco Examiner.

1937 - Adipati Windsor, sebelumnya Raja Edward VIII, menikahi perceraian Wallis Warfield Simpson dari Baltimore setelah menyerahkan tahta Inggris.

1940 - Gelombang pembom Jerman menggerebek Paris , menewaskan 48 orang, merusak gedung-gedung dan hampir tidak ada Duta Besar AS William C. Bullitt.

1947 - Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang merupakan penggabungan TRI dengan milisi-milisi rakyat Indonesia, diresmikan Presiden Soekarno.

1965 - Astronot Gemini IV, Ed White membuat orang Amerika pertama "berjalan" di luar angkasa . Putih, melekat pada kabel 25 kaki, berada di luar pesawat ruang angkasa selama 23 menit. Dia kemudian mengatakan bahwa perintah untuk mengakhiri perjalanannya di ruang angkasa adalah "momen paling menyedihkan" dalam hidupnya.

1968 - Penulis dan aktor feminis radikal Valerie Solanas menembak artis Andy Warhol di studionya di New York City studio. Warhol selamat dari penembakan setelah operasi lima jam untuk memperbaiki kerusakan pada beberapa organ internal.

1989 - Demonstrasi Tiananmen 1989: Tank-tank Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok mulai bergerak untuk membubarkan demonstran.

1989 - Ayatollah Ruhollah Khomeini Iran, pemimpin revolusi Islam, meninggal 11 hari setelah operasi untuk menghentikan pendarahan internal.

2004 - Direktur CIA George Tenet mengundurkan diri .

2006 - Uni Negara Serbia dan Montenegro berakhir setelah Montenegro secara resmi menyatakan kemerdekaannya.

2008 - Senator AS Barack Obama dari Illinois meraih nominasi presiden dari Partai Demokrat pada hari terakhir musim utama partai.

2011 - Malam puncak Miss Indonesia 2011, dimenangi oleh Astrid Ellena.

2011 - Jack Kevorkian, 83, dokter Michigan yang dikenal sebagai "Dr. Death," meninggal . Advokasi untuk bunuh diri yang dibantu menciptakan kekacauan bagi ahli etika medis dan lembaga hukum.

2012 - Sebuah pesawat jet Dana Air menabrak sebuah gedung apartemen berlantai dua di sebuah kota padat penduduk di Lagos, Nigeria, menewaskan 153 orang di pesawat dan 10 di darat.

2014 - Bashar al-Assad, presiden Suriah, dijatuhi hukuman tujuh tahun lagi dalam pemilihan yang diabaikan dan dicemooh oleh oposisi di negara yang dilanda perang itu.

2017 - Sebuah van menabrak pejalan kaki di London Bridge dan para pengemudi menikam orang di bar dan restoran terdekat, menewaskan tujuh korban . Polisi dengan fatal menembak para penyerang dan Negara Islam mengklaim pujian atas kedua serangan itu.

2018 - Gunung berapi Fuego di Guatemala meletus , mengirimkan abu lava ke desa-desa terdekat dan menewaskan lebih dari 100 orang.

KEYWORD :

Peristiwa Sejarah Bulan Juni




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :